Berita Nasional Terpercaya

Tanggapi AS, Iran Ancam Bakal Luncurkan Misil ke Ibukota Israel

0

HarianBernas.com – Iran menunjukkan keenggannya untuk didikte oleh AS. Pada hari Sabtu (4/2/2017) waktu setempat, Mojtaba Zonour memperingatkan kalau Iran bakal menembakkan misil ke ibukota Israel jika AS sampai berani melakukan tindakan yang salah. Zonour merupakan anggota senior Komisi Hubungan Luar Negeri dan Keamanan Nasional Iran.

Zonour menyatakan kalau misil yang dimiliki oleh militer Iran hanya memerlukan waktu 7 menit untuk menghantam Tel Aviv. Ia juga mengancam kalau pangkalan militer milik AS di Bahrain bakal rata dengan tanah jika AS berani melakukan serangan ke wilayah Iran.

Sejak terjadinya Revolusi Islam di tahun 1979, hubungan Iran dengan AS selanjutnya memang bak kucing dan anjing. Namun selama dua pekan terakhir, hubungan kedua negara menjadi lebih tegang daripada biasanya setelah Donald Trump selaku presiden baru AS melarang warga negara Iran masuk ke wilayah AS dan mengancam akan membatalkan kesepakatan internasional terkait pelonggaran sanksi ekonomi terhadap Iran.

Iran lantas membalas tindakan Trump tersebut dengan melakukan uji coba misil untuk mendemonstrasikan kemampuan militernya. Selain masalah seputar sanksi program nuklir dan larangan berkunjung warga negara Iran ke AS, kedua belah pihak juga memiliki posisi yang berseberangan dalam konflik di Suriah. Jika AS mendukung kelompok pemberontak, maka Iran mendukung rezim Bashar Al-Assad.

Wakil Presiden AS Mike Pence memperingatkan Iran supaya tidak mencoba mengetes AS. Sementara Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menuding Iran sedang melakukan provokasi dan menunjukkan sikap agresifnya. Netanyahu sendiri kini tengah melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Inggris Theresa May. Masalah Iran menjadi salah satu topik yang dibahas oleh Netanyahu dan May.

Leave A Reply

Your email address will not be published.