Berita Nasional Terpercaya

WhaniDProject Pentaskan Kembali Lakon ?Semangkuk Sup Makan Siang atau CULTUUR STELSEL?

0

YOGYAKARTA,HarianBernas.com – WhaniDProject akan menggelar pertunjukan teater berjudul ?Semangkuk Sup Makan Siang atau CULTUUR STELSEL? pada Sabtu, 25 Maret 2017 pukul 19.30 di Balai Budaya Rejosari Kudus, Jawa Tengah. Pertunjukan kali ini mendapat dukungan dari Djarum Foundation Bhakti Budaya.

Pertunjukan sebelumnya pernah sukses di gelar di dua kota yaitu Yogyakarta dan Jakarta. Naskah dan Sutradara dari lakon ini yaitu Hedi Santosa dengan diperkuat para aktornya yaitu Whani Darmawan, Theodorus Christanto, dan Rendra Bagus Pamungkas. 

Lakon ini merupakan drama yang menitikberatkan pada olah kemampuan para aktornya dengan memadukan ketajaman dalam mengolah suasana. Ditambah dengan tata panggung yang dibuat untuk mendukung visual agar lebih intim dalam pengertian membangun ruang bersama penonton. Agar tercipta pengalaman estetika bersama. 

Menurut Pimpinan Produksi WhaniDProject, Bagas Arga, lakon ini merepresentasikan tentang persoalan retrospektif perihal KITA sebagai bagian dari gerak perubahan menjadi Indonesia. Bahwa salah satu penanda penting dalam sejarah Indonesia yaitu salah satunya peristiwa tanam paksa atau Cultuurstelsel.
Sinopsis

Perang Jawa (1825-1830) menghancurkan kedua belah pihak. Dalam kejatuhannya pemerintah Hindia Belanda putar otak untuk mengembalikan hutang. Di situlah awal gagasan cerdas khas kolonial modern, yakni Cultuurstelsel, ide seorang Van Den Bosch, bekas Gubernur Jendral Hindia Barat. Kelihaian Bosch berhasil meyakinkan sang raja bahwa Cultuurstelsel bukan tanam paksa melainkan sebuah paket kebijakan yang mendasarkan diri pada 'kearifan lokal'. 

Di kepala Bosch, Hindia menjadi semacam sup yang lezat, hidangan pembuka makan siang. Inilah saat di mana pemerintah kolonial meletakkan penduduk Jawa di dasar rantai makanan. Maka tandas tokoh dalam teater ini: “Hari ini sejarah kebengisan dirayakan sebagai peradaban!” Penanggungjawab proyek Pertunjukan Semangkuk Sup Makan Siang atau Cultuurstelsel ini diproduksi oleh WhaniDProject (WDP).

WhaniDProject adalah lembaga pelatihan pengembangan diri dan korporasi yang mengambil titik pijak pada psikologi dan keilmuan seni peran dalam teater (psycho theatre). Dua bidang yang ditangani adalah Theatre for Profesional (menangani pelatihan untuk para profesional di bidang masing-masing: komunikasi, public speaking, dan lain-lain) dan Theatre for Art (pelatihan calon aktor dan pendalaman materi estetika teater untuk kepentingan sosial kemasyarakatan). Berdiri 2013, di Yogyakarta. Email [email protected] atau www.whanidproject.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.