Berita Nasional Terpercaya

Ilmuwan Temukan Metode Baru untuk Basmi Virus di Tubuh Penderita AIDS

0

HarianBernas.com – AIDS menjadi penyakit yang bakal membuat bulu kuduk siapapun merinding. Pasalnya penyakit yang disebabkan oleh virus HIV tersebut sampai sekarang belum bisa disembuhkan secara total. Namun seiring dengan semakin majunya teknologi pengobatan, upaya untuk menyembuhkan penderita AIDS secara permanen pun semakin menunjukkan titik terang.

New Scientist memberitakan kalau sekelompok tim peneliti di Barcelona berhasil menghilangkan virus HIV yang awalnya menjangkiti tubuh 5 orang. Kesuksesan tersebut diwujudkan dengan cara memberikan vaksin yang dikombinasikan dengan obat kanker kepada kelima orang tadi beserta puluhan orang lainnya.

Terapi pengobatan ini dilakukan pada 24 subjek penelitian berbeda yang semuanya positif terjangkit virus HIV. Selama tiga tahun, para penderita AIDS tadi menerima vaksin sambil mengkonsumsi obat romidopsin yang lazimnya digunakan pada penderita kanker. Hasilnya, dari kedua puluh empat subjek penelitian tadi, lima di antaranya dinyatakan tidak lagi terdeteksi memiliki virus HIV.

Menurut pemimpin tim peneliti yang bernama Beatriz Mothe, vaksin yang disuntikkan pada tubuh pasien mengandung protein virus HIV untuk membantu sel-sel darah putih mengenali sel tubuh milik pasien yang sudah terjangkit HIV dan kemudian memusnahkannya. Sementara romidopsin berguna untuk mengikis lapisan sel yang mengandung komponen virus HIV sehingga virus yang sama bisa dideteksi oleh sel darah putih.

Metode penyembuhan ini sendiri tidak 100 persen sempurna karena hanya sebagian kecil dari subjek penelitian yang berhasil mengendalikan penyebaran virus HIV di tubuhnya. Hal inilah yang kini tengah diteliti oleh Mothe dan rekan-rekannya. Mereka juga berharap kalau metode kombinasi vaksin dan romidopsin kelak bisa menjadi alternatif bagi terapi penyembuhan memakai obat antiretrovirus (ART). Pasalnya ART harus dikonsumsi oleh penderita AIDS seumur hidup dan membawa efek samping seperti pusing dan mual-mual.

Leave A Reply

Your email address will not be published.