Berita Nasional Terpercaya

Menkes: Waspadai Penyakit Saat Banjir

0

JAKARTA, HarianBernas.com – Menteri Kesehatan Nila F Moeloek meminta masyarakat waspada ancaman penyakit yang diakibatkan oleh bencana banjir saat curah hujan sedang tinggi.

“Karena banjir ya, paling diare, typhus bisa, leptospirosis bisa dari tikus yang kotorannya kena banjir,” ungkap Nila Moeloek di Jakarta, Senin (13/2/17).

Ia mewanti-wanti masyarakat untuk menjaga kebersihan rumah di saat musim penghujan untuk menghindari kontaminasi kotoran hewan pada air yang kemudian bisa menular kepada manusia. Nila menekankan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan agar tidak menyebabkan terjadinya banjir. Menurutnya, berbagai macam penyakit bisa lebih mudah menjangkit manusia saat terjadi banjir.

“Jadi memang sulit juga kalau sudah banjir. Tikusnya kan ikut lari juga, kencing di air banjir,” kata Nila.

Ia menjelaskan cara-cara untuk agar terhindar dari penyakit antara lain menjaga kebersihan lingkungan dan rumah serta membiasakan mencuci tangan. Namun, ketika sudah terjadi banjir, ia menyarankan agar masyarakat mau mengungsi ke posko pengungsian. Korban banjir bisa menjaga kondisi kesehatannya di lingkungan yang kering dan bersih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.