Berita Nasional Terpercaya

Jadi Korban Rasisme, Pemain Ini Meninggalkan Lapangan Sambil Menangis

0

HarianBernas.com – Rasisme sudah sepantasnya disingkirkan jauh-jauh dari dunia sepak bola. Sayang layaknya peribahasa jauh panggang dari api, praktik rasisme kenyataannya masih saja terjadi di lapangan. Kali ini kejadian terbaru mengenai rasisme menimpa seorang pemain asing yang bermain di Liga Serbia.

Everton Luiz adalah seorang pemain berkebangsaan Brazil yang membela klub Partizan Beograd. Dalam pertandingan yang dilangsungkan pada hari Minggu (19/2/2017) lalu, timnya harus bertamu ke kandang rival sekota Rad Beograd. Tensi panas di antara keduanya sayangnya turut merambat ke masalah rasial.

Luiz mengaku kalau setiap kali ia menyentuh bola, pendukung tim tuan rumah beramai-ramai menirukan suara monyet untuk menghina dirinya. Ia pun membalas perlakuan mereka dengan mengacungkan jari tengahnya ke arah pendukung Rad ketika pertandingan berakhir. Perkelahian antar pemain pun pecah karena pemain-pemain Rad merasa tidak terima dengan tindakan Luiz kepada penonton.

Seusai pertandingan, Luiz mengaku kalau ia tidak bisa menahan air matanya ketika meninggalkan lapangan. Ia juga menuding kalau pemain-pemain tim lawan tidak mencoba mengendalikan kelakuan pendukungnya sendiri. Pertandingan itu sendiri berakhir dengan kemenangan 1-0 untuk Partizan Beograd.

Pelatih Partizan mengkritik tindakan Luiz dan memperkirakan kalau pihak klub akan menjatuhkan hukuman kepada Luiz. Namun ia juga membela tindakan Luiz dengan menyataan kalau Luiz tidak akan bertindak demikian jika tidak ada sesuatu yang membuatnya marah. Ia pun lantas meminta asosiasi sepak bola Serbia untuk menjatuhkan hukuman kepada suporter Rad Beograd.

Leave A Reply

Your email address will not be published.