Berita Nasional Terpercaya

Jokowi: Kebebasan Pers Punya Peran Penting Bagi Indonesia, Ini Buktinya

Bupati Sleman – 17 Agustus 2022
0

JAKARTA, HarianBernas.com ? Presiden Joko Widodo menggambarkan kondisi saat terjadi krisis keuangan di Asia pada tahun 1997 lalu. Meski dalam keadaan krisis Indonesia punya kekuatan untuk menghadapinya.

?Situasinya sangat serius dimana ekonomi kami anjlok hingga 15 persen dalam satu tahun. Masyarakat dihinggapi rasa cemas dan bingung mengenai masa depan yang penuh dengan ketidakpastian,? terangnya saat memberikan sambutan pada acara World Press Freedom Day di JCC, Senayan, Jakarta, Rabu (3/5/17).

Ia mengungkapkan dalam masa krisis itu pulalah yang melahirkan masyarakat Indonesia yang kuat dan dinamis.

?Dan yang terpenting adalah lahirnya kebebasan berpolitik, termasuk kebebasan mengemukakan pendapat dan kebebasan pers,? ujar Presiden Jokowi.

Jokowi menerangkan pertumbuhan ekonomi Indonesia telah tumbuh 300 persen apabila dihitung sejak krisis keuangan yang melanda Asia tahun 1997 sampai saat ini. Dua puluh tahun terakhir, katanya, terjadi empat kali pergantian pemerintahan yang berlangsung damai. Bahkan menurut survei global, Indonesia termasuk negara dengan masyarakat yang paling optimis di dunia.

“Saya ingin mengatakan kepada Anda, pers nasional dan dunia, kami tidak dapat melakukan ini tanpa Anda. Sejak era reformasi di akhir 1990, pers yang bebas memainkan peranan penting dalam menjaga jalannya pemerintahan yang akuntabel serta mengungkap dan memerangi korupsi,” tegasnya.

Terkait dengan Hari Kebebasan Pers Dunia ini, ia berharap agar kebebasan pers di Indonesia maupun di dunia bisa yang dimiliki wartawan diemban penuh tanggungjawab.

Leave A Reply

Your email address will not be published.