Berita Nasional Terpercaya

Perjalanan Masih Jauh, Segera Ganti Ban Motor Kamu Jika Ada 6 Tanda Ini

0

HarianBernas.com – Bagi yang mempunyai sepeda motor, tentunya wajib untuk selalu melakukan perawatan terhadap motormu tersebut, baik perawatan mesin atau komponen-komponen sepeda motor yang lain. Selain wajib merawat mesin demi menjaga kondisi motor tetap prima, komponen lain seperti ban motor ternyata juga tak kalah penting untuk mendapatkan perawatan yang sama.

Ban motor kamu harus mendapatkan pemeriksaan secara berkala dan rutin di ganti jika sudah waktunya. Untuk itu, penting untuk kamu mengetahui kapan waktunya ban motormu itu harus diganti. Jangan sampai lalai atau malas untuk mengganti ban motor kamu. Perawatan ban motor juga akan membuat berkendaramu semakin nyaman di jalan lho!

Nah, simak baik-baik 6 tanda ban motormu ini harus segera diganti, yaitu:

Secara garis besar, ada rentan waktu untuk ganti ban

Pertama kamu perlu tahu, kapan rentan waktu penggantian ban motormu itu. Pertama untuk ban depan, normalnya penggantian ban depan jika sudah menempuh jarak 12.000 KM. Sedangkan, untuk ban belakang, normalnya diganti jika sudah menempuh 10.000 KM.

Ketika alur kembang ban telah menipis

Kamu bisa melihat dengan mudah alur kembang karena ban yang sudah botak tentunya lebih mudah dilihat dan sudah tentu beda dengan kondisi ban yang masih bagus. Alur kembang sendiri berfungsi untuk membuat pergerakan ban terasa lancar. Nah, ketika alur kembang itu menipis, akan muncul rasa yang kurang nyaman berkendara.

Ketika melewati jalanan rusak, akan terasa genjotan yang kasar

Genjotan yang dimaksud  adalah bumping yang keras sehingga kita seolah meloncat sendiri. Nah, genjotan tersebut muncul akibat dari alur ban motor yang sudah menipis. Jika tanda ini sudah kamu rasakan, segeralah ganti dengan ban yang baru untuk kenyamanan berkendara di jalan.

Tidak cuma saat melewati jalan jelek, goyangan juga akan terasa ketika berbelok

Jika ban motor kamu sudah menipis, ketika berbelok atau menuju tikungan , goyangan akan begitu terasa seolah ban kekurangan angin. Secepatnya, harus kamu ganti daripada menimbulkan resiko saat kamu berbelok nanti.

Ada pertimbangan khusus untuk pengguna ban tubeless

Bagi kamu yang mempunyai sepeda motor dengan ban tubeless, ada pertimbangan sendiri untuk rentan waktu penggantianya karena berbeda dan mempunyai rentan waktu khusus. Pengguna ban tubeless, segera ganti ban depan motormu setelah penggunaan 1-1,5 tahun. Sedangkan untuk ban belakang, kamu harus ganti setelah penggunaan 10-12 bulan.

Terakhir, kamu yang mengendarai motor dengan akselerasi tinggi wajib cek kondisi ban

Kamu yang sering mengendarai motor di tempat kurang bagus dengan akselerasi tinggi akan membuat alur kembang ban habis. Jadi, tidak ada salahnya lakukan pemeriksaan berkala ya. Penting diperhatikan, khususnya buat kamu yang sering mengendarai di tempat yang kurang bagus dan dipacu dengan akselerasi yang tinggi. Akselerasi tinggi akan membuat alur kembang ban cepat habis. Kamu harus rutin melakukan pemeriksaan secara berkala untuk mengetahui kondisi ban motormu.

Setelah mengetahui 6 tanda kapan ban motormu harus segera di ganti, mulai sekarang kamu harus selalu rutin melakukan perawatan dan penggantian ban motormu secara berkala ya. Jangan tunggu ban motormu sudah sangat botak, baru kamu menggantinya. Hal itu penting dilakukan untuk menjaga motormu tetap prima dan aman saat di jalan nanti. Semoga bermanfaat !

Leave A Reply

Your email address will not be published.