Berita Nasional Terpercaya

8 Tips Ampuh Atasi Gangguan Kecemasan

0

HarianBernas.com – Kecemasan atau anxiety adalah perasaan tak nyaman yang muncul pada diri sendiri, seperti gelisah atau takut. Rasa cemas tak semuanya berdampak buruk. 

Rasa cemas membuat Anda sadar akan bahaya dan dapat lebih memotivasi diri Anda sendiri untuk selalu siap dalam menghadapi sesuatu.

Tapi, kecemasan yang tak terkontrol tanpa alasan dapat berpengaruh buruk terhadap aktivitas Anda sehari-hari. Berikut ini beberapa tips ampuh atasi gangguan kecemasan, seperti yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Berhenti merokok

Tips ampuh atasi gangguan kecemasan yang pertama yaitu dengan berhenti merokok. Ketika stres melAnda, perokok kerapkali merokok dengan alasan untuk menghilangkan rasa stres. Sebuah penelitian menunjukkan apabila Anda sudah mulai merokok, maka semakin mudah pula Anda merasa cemas di kemudian hari.

2. Tetap aktif

Tips ampuh atasi gangguan kecemasan yang kedua yaitu tetap aktif. Olahraga secara teratur baik untuk kesehatan emosional dan fisik Anda. Olahraga secara teratur juga sangat baik untuk mengurangi rasa cemas pada sebagian orang. Anda dapat merasakan manfaatnya dalam jangka waktu panjang.

3. Latihan pernafasan

Tips ampuh atasi gangguan kecemasan yang ketiga yaitu dengan latihan pernafasan. Pernafasan yang cepat sering terjadi ketika kegelisahan melAnda. Hal ini bisa membuat jantung Anda berdetak lebih cepat dan dapat menyebabkan kepanikan.

Cobalah untuk melatih pernafasan Anda, ambillah nafas yang dalam dan keluarkan secara perlahan. Ulangi selama beberapa kali, hal ini bisa membantu pernafasan Anda kembali normal dan mengurangi kecemasan yang Anda alami.

4. Meditasi

Tips ampuh atasi gangguan kecemasan yang keempat yaitu dengan meditasi. Tujuan utama dari meditasi yaitu menyingkirkan kekacauan yang ada di dalam pikiran Anda, dan menggantinya dengan rasa tenang.

Meditasi dikenal dapat menghilangkan kecemasan dan stres. Meditasi selama 30 menit dalam satu hari bisa bertindak sebagai antidepresan dan mengurangi kecemasan.

5. Hindari kafein

Tips ampuh atasi gangguan kecemasan yang kelima yaitu dengan menghindari kafein. Apabila Anda memiliki tingkat kecemasan yang cukup kronis, maka Anda harus menghindari kafein. Kafein bisa menimbulkan rasa gugup, tidak hanya itu saja kafein juga bisa memperparah kecemasan Anda dengan timbulnya serangan panik.

6. Teh chamomile

Tips ampuh atasi gangguan kecemasan yang keenam yaitu dengan meminum teh chamomile. Secangkir teh chamomile bisa menenangkan pikiran dan membantu Anda untuk tidur lebih baik. Sebuah penelitian yang dilakukan di tahun 2009 mengatakan bahwa teh chamomile sangat baik untuk mengatasi gangguan kecemasan ringan.

7. Aromaterapi

Tips ampuh atasi gangguan kecemasan yang ke-7 yaitu dengan aromaterapi. Aromaterapi dengan menggunakan minyak esensial bisa menciptakan rasa tenang dan nyaman. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial ke dalam bak mandi Anda setelah beraktivitas di sore hari untuk menghilangkan kepenatan.

8. Psikoterapi

Tips ampuh atasi gangguan kecemasan yang kedelapan yaitu dengan psikoterapi. Tips yang satu ini merupakan tips terakhir jika Anda masih mengalami gangguan kecemasan setelah Anda melakukan tips sebelumnya. Pendekatan psikoterapi bisa membantu Anda lebih memahami kondisi yang Anda alami dan dapat menemukan pemicu kecemasan.

Itulah beberapa Tips ampuh atasi gangguan kecemasan. Anda dapat mengatasi gangguan kecemasan yang Anda alami dengan menggunakan aromaterapi, teh chamomile, menghindari kafein, meditasi, latihan pernapasan, tetap aktif, dan berhenti merokok.

Anda dapat mencoba beberapa tips tersebut untuk mengatasi gangguan kecemasan yang Anda alami, dan Anda dapat memilih manakah yang paling tepat untuk mengatasi rasa cemas yang Anda alami. Selamat mencoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.