Berita Nasional Terpercaya

BI: Resiko Perbankan Membayangi Pertumbuhan Kredit

0

HarianBernas.com – Bank Indonesia (BI) telah melakukan Bank Rapat Dewan Gubernur (RDG). Dalam RDG tersebut, BI menilai stabilitas sistem keuangan tetap kuat didukung oleh ketahanan industri perbankan dan pasar keuangan yang terjaga.

“Pada Mei 2017, rasio kecukupan modal (Capital Adequacy Ratio/CAR) perbankan tercatat 22,7%, dan rasio likuiditas (AL/DPK) berada pada level 22,3%. Sementara itu, rasio kredit bermasalah (Non Performing Loan/NPL) tercatat 3,1% (gross) atau 1,4% (net),” ujar Arbonar Hutabarat, Direktur Departemen Komunikasi BI.

Pada Kamis (20/7/2017), lebih lanjut Arbonar mengatakan, pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) pada Mei 2017 tercatat 11,2% (yoy) meningkat dibandingkan dengan bulan sebelumnya 9,9% (yoy). Pertumbuhan kredit Mei 2017 tercatat 8,7% (yoy), lebih rendah dari bulan sebelumnya 9,5% (yoy).

Diperkirakan untuk ke depannya pertumbuhan DPK dan kredit pada tahun 2017 akan membaik. Pertumbuhan DPK diperkirakan akan tumbuh di kisaran 9%-11%, serta pertumbuhan kredit di kisaran 10%-12%.

?Proyeksi pertumbuhan kredit tersebut dibayangi oleh sejumlah risiko terutama prospek pemulihan permintaan domestik dan kemajuan konsolidasi perbankan,? pungkas Arbonar.

Leave A Reply

Your email address will not be published.