Berita Nasional Terpercaya

Terungkap! Jokowi Membawa Keluarganya Keluar Negeri Pakai Biaya Sendiri

0

HarianBernas.com – Banyaknya kritik yang diberikan terkait Presiden RI, Joko Widodo mengajak seluruh keluarganya ikut kunjungan kerja ke Turki dan Jerman, membuat pihak Istana Kepresidenan tidak tinggal diam. Pihaknya menyatakan bahwa keiikutsertaan keluarga Jokowi tidak membebani anggaran negara.

Presiden sudah memberikan arahan pada Winata Supriatna, Plt Kepala Sekretariat Presiden. Hal ini dibeberkan oleh Bey Machmudin, Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden.

“Dalam arahan tersebut, Presiden menegaskan bahwa seluruh biaya perjalanan dan akomodasi anggota keluarga Presiden yang turut serta dalam perjalanan ke Turki dan Jerman mulai 5 sampai 9 Juli 2017 menjadi tanggungan pribadi Presiden,” ujar Bey dalam siaran pers, pada Minggu (9/7).

Presiden Jokowi mengajak lima anggota keluarganya termasuk keluarga Gibran, putra sulung Jokowi. Selama penerbangan, hanya Presiden Jokowi dan Ibu Negara saja yang duduk di bagian kompartemen.

“Karena itu keberadaan anggota keluarga Presiden Jokowi tidak mengurangi kapasitas penumpang rombongan resmi Presiden,” kata Bey.

Sejak awal, Jokowi sudah memberikan perintah agar bisa dilakukan efisien anggaran negara. Termasuk pula untuk perjalanan dinas presiden.

“Perintah Presiden sangat jelas dan tegas untuk efektivitas dan efisiensi,” ujar Pratikno. 
Salah satu contoh efisiensi seperti tidak perlu menyewa pesawat apabila dilakukan perjalanan ke Amerika Serikat. Selain itu, bisa juga memperkecil tim advance dan jumlah delegasi. 

“Jumlah tim advance ke luar negeri juga dikurangi sampai 40 persen dan lebih mengoptimalkan peran Kedutaan Besar Republik Indonesia,” kata Pratikno.

Leave A Reply

Your email address will not be published.