Berita Nasional Terpercaya

Baterai Terbesar di Dunia Bakal Dibangun di Australia

0

HarianBernas.com ? Sebesar apakah baterai yang pernah anda lihat? Mungkin baterai terbesar yang pernah Anda gunakan adalah aki yang lazim digunakan pada kendaraan bermotor. Namun di Australia, baterai yang berukuran jauh lebih besar bakal dibangun di sana.

Channel News Asia memberitakan kalau Elon Musk dari perusahaan Tesla berniat membangun baterai lithium terbesar di dunia. Jika sudah jadi, baterai tersebut bakal memproduksi tenaga sebesar 100 megawatt. Cukup untuk menyalakan 30 ribu rumah di Australia selatan.

Rencana pembangunan baterai raksasa ini diharapkan bisa menjadi solusi atas kelangkaan energi yang menimpa negara tersebut pasca terjadinya bencana alam. Tahun lalu, sejumlah daerah di Australia mengalami pemadaman total karena badai merusak menara-menara bertegangan listrik yang ada di sana.

Baterai tersebut rencananya bakal dibangun di kota Jamestown yang terletak 230 km di sebelah utara Adelaide. Jika sudah selesai dibuat, baterai tersebut akan dipasangkan dengan ladang kincir angin listrik yang berlokasi tidak jauh dan dioperasikan oleh Neoen. Kebetulan proyek ini memang merupakan wujud kerja sama antara Tesla, Neoen, dan pemerintah negara bagian Australia Selatan.

Neoen merupakan perusahaan energi asal Perancis yang pertama kali didirikan pada tahun 2008 dan memiliki proyek-proyek pembangkit listrik alternatif di banyak negara. Di Perancis sendiri, Neoen diketahui mengoperasikan pembangkit listrik bertenaga surya terbesar di Eropa yang sanggup menghasilkan listrik untuk 300 ribu rumah tangga.

Leave A Reply

Your email address will not be published.