Berita Nasional Terpercaya

Merinding Saat Melihat Buih Kopi? Anda Terkena Hal Ini

0

HarianBernas.com ? Setiap orang memiliki ketakutan yang berbeda ? beda. Salah satunya adalah saat melihat buih pada permukaan air. Beberapa orang merasa geli, jijik, dan merinding tiba ? tiba. Menurut penelitian kondisi ini merupakan respon yang berlebihan karena rasa cemas yang muncul tentang penyakit dan parasit.

Ketakutan saat melihat buih di permukaan air disebut Trypophobia. Tidak hanya buih pada permukaan air, namun juga sekumpulan berbentuk bulat.

Menurut penelitian, kondisi ini memiliki kaitan dengan parasitisme dan sejarah evolusioner penyakit yang menular. Tubuh akan menimbulkan reaksi yang berlebihan pada kumpulan benda yang berbentuk bulat.

Penelitian yang diketuai oleh Tom Kupfer dari University of Kent, Inggris, menilai cukup banyak penyakit menular yang memperlihatkan kumulan bentuk bulat pada kulit. Misalnya campak, cacar, tipes, rubela, dan demam berdarah.

Penelitian ini dilakukan pada 300 responden yang memiliki trpophobia, dan 300 responden tanpa trypophobia.

Kedua kelompok diminta untuk melihat gambar berjumlah enam belas. 8 gambar pertama adalah gambar yang memiliki kaitan dengan penyakit. Sedangkan sisanya tidak memiliki kaitan dengan penyakit.

Peserta melaporkan bahwa 8 gambar pertama tidak enak untuk dilihat. Sedangkan gambar yang tidak memiliki kaitan dengan penyakit, peserta mengatakan mereka baik ? baik saja. Hal ini tentu tidak dialami oleh mereka yang menderita trypophobia.

Sehingga, temuan ini mendukung anggapan, mereka yang memiliki trypophobia akan merespon suatu hal yang berhubungan dengan kumpulan bentuk bulat dengan sangat berlebihan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.