Berita Nasional Terpercaya

Wartawan AS ini Tewas di Sudan Selatan, Ternyata Ini Penyebabnya?

0

Bernas.id ? Seorang wartawan Amerika Serikat bernama Christhoper Allen dilaporkan tewas di Sudan Selatan. Departemen Luar Negeri AS mengonfirmasi bahwa Allen tewas pada Sabtu, 26 Agustus 2017.

“Kami bisa memastikan bahwa warga AS, Christopher Allen, tewas di Sudan Selatan pada 26 Agustus 2017 saat bekerja sebagai jurnalis. Kami mengucapkan belasungkawa pada keluarga Allen,” kata pernyataan Deplu AS seperti diberitakan CNN, Senin (28/8/2017).

“Kedutaan siap menyiapkan seluruh bantuan. Demi menghormati keluarga Allen, kami tak ada komentar lebih lanjut,” tambah keterangan Deplu AS.

Radio pemerintah Sudan Selatan menyebutkan, Allen merupakan satu dari 19 orang yang tewas dalam pertempuran antara pasukan pemerintah dengan pemberontak di negara bagian Yei River. 

“Christopher Allen, yang bekerja untuk berbagai kantor berita berita, tewas dalam pertempuran sengit di Kota Kaya,” kata South Sudan Broadcast Corporation, mengutip pemberontak dan pejabat militer.

Sementara NBCNews mengutip juru bicara oposisi, William Gatjiath Deng, menyebut, Allen dan dua jurnalis lainnya menghabiskan waktu selama dua pekan bersama pemberontak di Kota Bazi, dekat Kaya di mana barak mereka diserang oleh tentara pemerintah. 

Menurut Deng, Allen ditembak mati dan dua pemberontak dibunuh. Ia juga mengonfirmasi dua wartawan lainnya –yang belum diketahui kewarganegaranya– masih bersama pasukan pemberontak. Keduanya dikabarkan bakal melarikan diri ke Uganda.  

Sudan Selatan adalah negara yang baru merdeka pada 2011 pasca 98 persen penduduknya memilih untuk melepaskan diri dari Sudan.

Sayang, negara termuda di dunia itu lantas jatuh ke dalam konflik perang saudara karena masalah etnis hingga kini.

Baca juga 1 Juta Anak-Anak Melarikan Diri dari Konflik Sudan Selatan

Leave A Reply

Your email address will not be published.