Berita Nasional Terpercaya

Ini Rute Prosesi Lampah Budaya Mubeng Beteng Abdi Dalem Peringati 1 Sura

0

YOGYAKARTA, Bernas.id ? Abdi Dalem Keraton Yogyakarta akan melakukan prosesi Lampah Budaya Mubeng Beteng pada Kamis (21/9/17). Prosesi ini untuk memperingati malam tahun baru Jawa atau malam 1 Sura.

“Prosesi Lampah Budaya Mubeng Beteng ini akan dilaksanakan pada hari Kamis Wage, (21/9/17) atau malam Jumat Kliwon,” ujar Ketua Panitia KRT H. Gondohadiningrat, Selasa (19/9/17).

Prosesi keliling benteng Keraton Yogyakarta akan dimulai dari Kagungan Dalem Pelataran Keben mulai pukul 20.00 WIB. Para abdi dalem yang akan mengikuti tapa bisu harus mengenakan pakaian peranakan dengan kain wiron engkol dan tidak mengenakan sandal serta tidak mengenakan keris. Ia menambahkan masyarakat umum diperkenankan ikut dengan memakai pakaian yang sopan dan rapi.

Selama melakukan prosesi Lampah Budaya Mubeng Beteng, peserta tidak boleh berbicara selama perjalanan. Proses ini mengandung arti sebagai bentuk refleksi diri dan dalam rangka mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Soal rute yang dilewati adalah dari pelataran Keben menuju Jl Rotowijayan, Jl Kauman, Agus Salim, Jl Wahid Hasyim, Suryowijayan, Pojok Beteng Kulon, MT Haryono, lewat depan Plengkung Gading ke timur hingga Pojok Beteng Wetan. Selanjutnya ke arah utara Jl Brigjen Katamso, Ibu Ruswo dan Alun-alun Utara. Totalnya sekitar 5 kilometer.

Leave A Reply

Your email address will not be published.