Berita Nasional Terpercaya

Mau Punya Usaha Tapi Enggak Punya Modal? Yuk, Intip Rahasianya!

0

Bernas.id – Banyak sekali orang yang mengurungkan niatnya untuk berbisnis atau berusaha karena tidak adanya modal. Modal berupa uang dianggap paling utama untuk menciptakan suatu usaha.  Tetapi sebenarnya tidak, modal itu adalah pelengkapnya saja. Jadi apa yang paling penting untuk memulai suatu usaha?

Baca juga: Begini 3 Cara Membeli Saham Bagi Pemula dengan Mudah

Berikut hal-hal penting yang  harus dimiliki ketika ingin berwirausaha:

1. Pengalaman

Seringkali kita mendengar bahwa “Pengalaman adalah Guru Terbaik”. Pengalaman itu bisa datang dari diri kita sendiri dan bisa pula datang dari orang lain. Misalnya, saat kita pernah bekerja di sebuah pabrik, lalu di-PHK atau keluar sendiri dari pekerjaan tersebut. Berarti kita sudah punya pengalaman bekerja, selanjutnya pengalaman itulah yang kita jadikan modal utama. Kemudian melalui pengalaman orang lain, kita bisa mencari tahu tentang apa yang sudah dialami orang tersebut dalam menjalankan usaha. Dengan adanya modal pengalaman, maka dapat membantu kita dalam menciptakan suatu usaha.

Baca juga: 6 Langkah Belajar Investasi dan Trading Saham dari Nol

 

2. Pengetahuan

Ilmu juga sangat penting ketika ingin berwirausaha. Orang kaya, punya banyak modal uang, tapi tidak punya ilmu pengetahuan yang cukup sama saja seperti suatu benda yang mati yang tidak akan bergerak jika tidak digerakkan oleh orang lain. Jadi, terbukti kalau modal uang bukan yang utama dalam memulai suatu usaha.

Baca juga: Mengenal Trading Saham dan Cara Jitu Jadi Trader Handal

 

3. Keahlian (Skill)

Selain pengetahuan kita juga harus punya keahlian atau skill. Keahlian itu adalah kemampuan seseorang yang memang sudah terasah, terfokus, atau terspesifik pada sesuatu pekerjaan. Hal itu dilakukan dengan mempelajarinya sehingga terbiasa dan menjadi ahli. Kita bisa menyebutnya “Ala bisa karena biasa“. Keahlian itu sendiri bisa dimiliki semua orang kalau benar-benar berlatih dan terus belajar.

Baca juga: 7 Cara Main Saham Bagi Investor Pemula dengan Mudah

 

4. Keberanian

Seseorang yang ingin memulai suatu usaha harus mempunyai sifat berani, artinya harus berani mengahadapi resiko yang kemungkinan akan terjadi dan menghadapinya tanpa takut dengan kegagalan.

Baca juga: Inilah Jam Buka Bursa Saham di Indonesia

 

5. Dukungan (Support)

Dukungan juga menjadi hal yang penting dalam memulai suatu usaha. Karena dukungan akan menghasilkan kekuatan yang hebat di diri kita nantinya. Dukungan dari orang yang kita cintai dan sayangi seperti keluarga adalah hal yang sangat penting. Hal itu sebagai motivasi yang bisa kita miliki dalam mencapai kesuksesan. Selain dukungan juga perlu doa. Mintalah doa restu dari orang tuamu dan keluargamu, rekan-rekan dan orang yang ada di sekitarmu, sehingga dengan begitu bisa menciptakan networking atau relasi terhadap banyak orang atas usahamu nantinya.

Baca juga: Inilah Bedanya Karakteristik Obligasi dan Saham

 

 

6. Kreativitas dan Inovasi

Dalam dunia bisnis kita dituntut untuk kreatif agar tidak kalah dengan pebisnis lainnya. Kita pun harus bisa memiliki sesuatu yang baru, bernilai beda dan unik dari pengusaha lain.

Baca juga: Mari Mengenal Perbedaan Saham Biasa dan Saham Preferen

 

 

7. Hoki (Keberuntungan)

Keberuntungan bisa datang diperkuat dengan adanya doa yang tak putus, usaha yang serius dan bekerja keras.

Nah itu dia rahasianya. Sekarang, ayo memulai usaha tanpa selalu memikirkan modal berupa uang!

Baca juga: 4 Cara Menghitung Harga Saham Per Lembar Agar Tidak Terkecoh

Leave A Reply

Your email address will not be published.