Berita Nasional Terpercaya

Menerawang Peluang Bisnis Syariah Tahun 2020

0

Bernas.id – Indonesia yang merupakan salah satu negara di Asia, diprediksi akan menyodok ke urutan 10 besar ditahun 2020. Puncaknya Indonesia akan masuk sebagai negara ke-5 terbesar di dunia di tahun 2030 dengan GDP 9.3 USD. Posisi Indonesia akan diatas Jepang, Jerman, Mexico, Perancis dan Inggris. Ramalan Standard Chartered ini tentu saja mendapat sambutan positif dari banyak pelaku, pengamat, ahli ekonomi, pemerintah dan kita rakyat Indonesia ditandai dengan dilansirnya hasil penelitian Standard Chartered oleh berbagai media massa di tanah air dan juga oleh sumber-sumber resmi pemerintahan RI. Standard Chartered mampu membuat prediksi kondisi perekonomian dunia berdasarkan atas tool berupa model ekonomi dunia yang dimilikinya. Variabel-variable dalam model dibuat atas dasar teori-teori ekonomi dan model dapat memberikan prediksi ke masa depan berdasarkan atas data historis yang dimilikinya serta asumsi-asumsi tentang apa yang akan terjadi di sektor lainnya.

Dengan prediksi perkembangan di atas, jika kita kaitkan bagaimana peluang bisnis syariah di tahun 2020, tentu hal ini merupakan angin segar. Sebenarnya kelahiran bisnis syariah tidaklah serta merta. Hal ini dimulai dari menjelang tahun 2000-an. Sejak tumbangnya era Presiden Soeharto, tahun 1998, bisnis syariah ini semakin berkembang. Baik dunia perbankan, musik religi, makanan halal, kosmetik halal, fesyen, perumahan dan hampir seluruh bisnis dimasuki oleh bisnis syariah. Pasca tahun 2010, bisnis ini pun makin menjadi primadona. Seiring dengan perkembangan kesadaran masyarakat yang sangat rindu akan nilai-nilai spiritual, bisnis syariah makin digrandungi. Bahkan ada yang mengatakan bahwa perbankan dan feysen akan menjadi kiblat dunia.

Melihat fakta yang terjadi di atas dengan perkembangan ini, tahun 2020 bukanlah tidak mungkin tahun ini merupakan tahun puncak kejayaan bisnis syariah. Bisnis yang akan sangat menjadi primadona di tahun 2020 adalah perumahan dan feysen. Perumahan menjadi satu daya tarik untuk dikembangakan dengan konsep syariah karena mulai was-wasnya pengaruh negatif dari teknologi yang sedang berkembang saat ini. Hal inilah yang menjadikan kesadaran masyarakat akan kondisi lingkungan tempat tinggal yang bernuansa religi. Bukan hanya masalah transaksinya saja, tetapi juga bermasyarakat juga memakai konsep syariah. Sehingga keluarga bisa terjaga dari ekses negatif dari luar. Ini menjadi peluang perumahan berkonsep syariah menjadi sangat besar. Pun dengan feysen, konsep menutup aurat tentu menjadi salah satu faktornya. Akan tetapi, bukan hanya menutup aurat, tetapi model dan tren akan menjadi faktor lain yang menjadi penyebab gurihnya bisnis ini.

Untuk itu, Anda tidak perlu berpikir panjang. Mulailah cari peluang dan segera action, agar di 2020 bukan hanya Indonesia yang melesat di bidang ekonomi, tetapi Anda menjadi bagian penting dari perkembangan ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.