Berita Nasional Terpercaya

Beruntunglah Jika Anda Merasa Bingung, Nomor 4 Beruntung Banget!

0

Bernas.id – Bingung adalah sifat alami manusia. Kita semua pasti pernah merasakan perasaan yang satu ini. Alih-alih dihindari, dalam porsi tertentu, perasaan bingung bisa jadi justru bermanfaat.  Bingung adalah isyarat alamiah bahwa ada sesuatu dalam pikiran kita yang belum jelas. Oleh karena itu, sebagai manusia yang berpikir, rasa bingung tidak boleh diabaikan begitu saja.

Rasa bingung perlu dikenali penyebabnya sehingga mampu segera ditemukan sumber kebingungannya. Berikut ini manfaat bingung dalam beberapa hal.

1. Mengembangkan daya pikir

Bagi pembelajar, bingung adalah pertanda bahwa kita belum menguasai materi yang sedang kita pelajari. Bingung menjadi isyarat bahwa proses belajar masih belum boleh berhenti. Bagi pembelajar yang baik, rasa bingung harus segera diatasi. Seorang pembelajar akan berusaha mengembangkan daya pikirnya untuk mengatasi kebingungan saat belajar. Bertanya kepada orang yang lebih ahli/gurua dalah salah satu cara mengatasi kebingungan jenis ini.

2. Isyarat agar lebih rapi mengelola sesuatu

Bingung bisa jadi disebabkan oleh ketidakrapian kita mengelola sesuatu. Misalnya, bingung ketika berusaha menemukan barang-barang milik pribadinya. Kebingungan ini pertanda bahwa kita harus merapikan kembali barang-barang milik pribadi. Untuk itu kita perlu meluangkan waktu merapikan dan memilah barang-barang pribadi sehingga mudah dicari.

3. Harus membuat prioritas

Kadangkala volume pekerjaan yang padat membuat kita merasa bingung harus menyelesaikan yang mana terlebih dahulu. Dalam keadaan ini, bingung menjadi pertanda bahwa kita harus membuat urutan prioritas. Pekerjaan-pekerjaan yang jika ditunda akan menimbulkan dampak buruk, diletakkan di urutan pertama. Demikian seterusnya sehingga daftar urutan prioritas pekerjaan memandu kita mengatasi kebingungan menyelesaikan banyak pekerjaan.

4. Tanda untuk lebih berhati-hati

Terkadang kita dibuat bingung oleh sikap seseorang yang sebelumnya dikenal berperangai buruk, namun tiba-tiba berubah drastis menjadi sangat baik. Imam Syafi?i dalam satu riwayat pernah mengalami rasa bingung seperti ini. Sebagai seorang alim ulama yang dikenal memiliki firasat tajam, Imam Syafi?i pernah merasa bingung ketika menemukan seseorang yang berbuat sangat baik dan melayaninya, sedang firasatnya mengatakan orang ini berperangai buruk. Namun, belum selesai kebingungan Imam Syafi?i, rupanya watak asli orang berperangai buruk itu memunculkan. Ternyata firasat Imam Syafi?i benar, rasa bingungnya menjadi pertanda untuk berhat-hati atas perubahan sikap seseorang. Kebingungan jenis ini menghindarkan kita dari tipuan orang.

5. Perlunya lebih percaya diri

Adakalanya kita bingung dalam menentukan satu pilihan. Rasa bingung ini pertanda kita belum memiliki keyakinan atau percaya diri atas satu pilihan. Jadikan rasa bingung oleh sebab ini untuk melatih rasa percaya diri. Berbincang dan minta pendapat orang dekat dapat membantu membuat pilihan.

Nah, ternyata adakalnya kita beruntung dengan rasa bingung yang kita alami. Maka, jangan biarkan rasa bingung berlama-lama kita pelihara. Karena, rasa bingung yang dibiarkan bisa jadi akan bertambah buruk akibatnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.