Berita Nasional Terpercaya

Anak Muda Bicara Investasi? Why Not!

0

Bernas.id – Masa muda merupakan masa yang paling indah, di mana kita bisa menikmati realita kehidupan yang ada tanpa beban dan tanggungan. Anak muda yang berusia 20 tahunan ini, secara umum dapat dibagi menjadi dua golongan. Yang pertama adalah yang hanya suka bersenang-senang bahkan berfoya-foya tanpa memikirkan masa depan dan anak muda yang mempunyai rencana ke depan.

Dalam menyikapi hal tersebut, sebaiknya Anda atau kerabat Anda sebagai anak muda seharusnya memilih opsi masuk pada golongan kedua. Kemudian muncul pertanyaan selanjutnya, memikirkan masa depan yang seperti apa?

Baca juga: Inilah 7 Daftar Aplikasi Investasi Resmi Versi OJK

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah memilikki rencana ke depan mengenai kesuksesan yang dapat kita raih, bukan hanya dalam waktu yang singkat, namun terdapat proses panjang di dalamnya. Salah satu proses yang tidak dapat dipisahkan dari meraih sebuah kesuksesan di masa mendatang adalah ketika kita menjadi seorang anak muda yang memikirkan masa depan. Ada berbagai macam kesuksesan yang dapat direalisasikan ke depannya, seperti sukses dalam berbisnis, sukses mempunya aset yang besar, sukses membahagiakan orang tua, bahkan sukses dalam membentuk keluarga yang bahagia.

Lalu tahukah Anda bahwa kunci dari kesuksesan tersebut? Jawabannya adalah finansial. Tidak dapat dimungkiri, bahwa kondisi finansial lebih menjamin sebuah kesejahteraan yang selanjutnya disebut sebagai kesuksesan. Kemudian bagaimana anak muda dapat melewati proses tersebut agar lebih menjamin kesehateraan di masa mendatang?

Semenjak duduk di bangku Sekolah Dasar, Bapak atau Ibu guru kita gencar mengajak semua muridnya untuk tidak lupa menyisihkan sebagian uang untuk menabung. Kemudian semenjak era globalisasi, tidak hanya menabung untuk mendapatkan kesejahteraan di masa depan tetapi juga ada kondisi lain yang lebih menantang dan moderen yaitu investasi. Investasi menurut Tandelilin (2010:2); “Investasi adalah komitmen atas sejumlah dana atau sumber dana lainnya yang dilakukan pada saat ini dengan tujuan memperoleh keuntungan di masa yang akan datang.” Walaupun masih banyak anak muda yang beranggapan bahwa investasi adalah untuk orang yang sudah matang, tetapi seharusnya Anda mengubah mindset tersebut. Karena pada saat ini, banyak investasi yang dapat dilakukan bagi anak muda.

Baca juga: Inilah Jam Buka Bursa Saham di Indonesia 2021

Beberapa alternatif investasi yang dapat dilakukan bagi anak muda yang masih di bawah 30 tahun adalah:

1. Investasi saham

Anda bisa mempelajari investasi saham selengkapnya dengan mengunjungi perusahaan-perusahaan broker forex. Biasanya perusahaan ini juga menyasar anak muda dengan membuka kantor di universitas-universitas. Tujuannya adalah agar para mahasiswa tertarik untuk mempelajari apa itu investasi saham dan menjadi investor. Para mahasiswa tersebut juga akan mendapatkan bimbingan bukan hanya dari perusahaan terkait, tetapi juga didukung oleh pihak kampus.

Baca juga: Mengenal IHSG, Cara Membaca, Jenis, Manfaat, dan Istilah Terkait

2. Obligasi

Secara sederhana dapat diambil kesimpulan bahwa obligasi yang akan Anda lakukan, konsepnya sama dengan Anda meminjamkan uang kepada teman dan melakukan sistem bunga. Jika Anda tertarik berinvestasi obligasi, Anda dapat mengunjungi berbagai pihak yang mengadakan sistem investasi obligasi. Ada tiga pihak yang melakukannya yaitu pemerintah, korporasi dan ritel.

Baca juga: Begini 3 Cara Membeli Saham Bagi Pemula dengan Mudah

3. Investasi emas

Investasi emas sangat mudah dilakukan. Apalagi Anda seorang wanita, dapat melakukan investasi sekaligus mengenakan perhiasan hasil olahan emas. Harga emas yang jarang turun, bahkan cenderung selalu naik dari waktu ke waktu akan memberikan keuntungan bagi Anda.

Baca juga: Mengenal Trading Saham dan Cara Jitu Jadi Trader Handal

4. Investasi pendidikan

Investasi pendidikan nyatanya juga berkorelasi erat dengan proses mencapai kesuksesan Anda di masa datang. Jangan pernah pelit mengeluarkan uang demi mendapatkan ilmu. Pendidikan merupakan investasi yang tidak akan pernah merugikan Anda. Jika Anda sudah mendapatkan ilmu, maka pengetahuan Anda akan semakin luas dan memperbanyak channel atau networking, sehingga akan selalu ada jalan mendapatkan keuntungan finansial yang membuahkan sebuah kesukesan di masa yang akan datang.

Baca juga: Inilah Bedanya Karakteristik Obligasi dan Saham

Leave A Reply

Your email address will not be published.