Berita Nasional Terpercaya

Jadi Orang Tua dari Kids Zaman Now? Jangan Khawatir, Begini Cara Menyikapinya

0

Bernas.id – Perkembangan zaman terus berubah, tak hanya teknologi yang semakin canggih, manusia berevolusi seiring berjalannya waktu, hal Ini juga yang pada akhirnya berpengaruh pada perkembangan kehidupan generasi sekarang atau yang saat ini dikenal sebagai Kids Zaman Now atau generasi milenial. Sebagai orangtua terkadang kita mungkin mengalami kesulitan untuk dapat memahami atau bahkan mengikuti perkembangan yang terjadi pada anak-anak ini, tentunya sebagai orangtua kita harus berupaya untuk dapat mengembangkan wawasan terutama dalam hal metode pengasuhan anak.

Sebagai orangtua sebaiknya kita dapat memahami pula bahwa menjadi Kids Zaman Now juga memiliki tantangannya sendiri dimana bagi sebagian besar anak menjadi hal yang tidak mudah. Berikut adalah beberapa tantangan yang seringkali dihadapi oleh Kids Zaman Now:

1. Semakin berkembangnya teknologi, memaksa anak untuk juga hidup dalam dunia digital, baik di rumah maupun di sekolah. Hal ini menyebabkan banyaknya stimulasi dan informasi yang diterima anak sehingga terkadang pada beberapa anak hal ini menyebabkan mereka tumbuh sebagai individu yang mudah bosan dan sulit berkonsentrasi.

2. Anak zaman sekarang seringkali dipaksa menjadi dewasa sebelum waktunya karena berbagai faktor misalnya kesibukan orangtua di luar rumah membuat anak untuk menerima tanggung jawab dan bersikap yang belum tentu sesuai dengan masa tumbuh kembang mereka.

3. Tuntutan pelajaran di sekolah semakin berat, bahkan tidak sedikit anak zaman sekarang lebih banyak menghabiskan waktunya di sekolah ataupun tempat les hanya untuk menunggu waktu jam pulang kerja orang tuanya ataupun mencapai ambisi orangtuanya untuk memiliki anak yang ?serba bisa?.

Untuk menyikapi hal tersebut sebagai orangtua kita perlu menyikap serius apa yang terjadi dengan perkembangan anak-anak kita saat ini terutama meninjau ulang metode pengasuhan yang kita lakukan sehari-hari terhadap anak. Berikut adalah beberapa hal yang mungkin dapat menjadi alternatif pilihan metode pengasuhan bagi anak-anak kita:

Mendalami ilmu agama

Kesibukan orangtua seringkali menyebabkan kita kurang memperhatikan perkembangan ilmu agama yang kita miliki sebagai orangtua, padahal di dalam agama terdapat petunjuk yang jelas untuk mendidik anak. Fokuskan pada perkembangan akhlak yang baik pada anak bukan saja pada prestasi akademik.

Selain itu sudahkan kita sebagai orangtua memperhatikan kehalalan sumber rezeki dan makanan yang masuk ke dalam perut anak, padahal kita berharap anak-anak kita menjadi anak yang soleh sementara kita memberinya makanan dari rezeki yang tidak halal.

Mengenal pribadi anak

Setiap anak memiliki kepribadian yang berbeda-beda meskipun pola pengasuhan yang diterapkan orangtua biasanya cenderung sama. Hal ini biasanya menjadi masalah bagi orangtua karena cara mengatasi setiap permasalahan yang terjadi pada satu anak menjadi tidak efektif bagi anak lainnya.

Mengembangkan kemampuan komunikasi dengan anak

Setelah kita memahami kepribadian anak, sebagai orangtua kita juga perlu memperhatikan cara berkomunikasi dengan anak, misalnya anak yang pendiam (introvert) mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama dan metode pendekatan yang berbeda untuk dapat menceritakan masalahnya kepada kita dibandingkan kakaknya yang lebih ekstrovert (terbuka).

Memilah penggunaan teknologi

Alih-alih ingin membuat anak ?melek? teknologi seringkali orangtua menjadi salah kaprah ketika memilih penggunaan teknologi bagi anak, misalnya seringkali untuk membuat anak duduk diam banyak orangtua mengenalkan anak-anak dibawah umur untuk bermain dengan gadget.

Semoga bermanfaat dan menjadi perhatian para orang tua zaman now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.