Berita Nasional Terpercaya

Kalimantan Bangun Jalan Tol Pertama, Konstruksinya Baru 37,94 Persen

0

JAKARTA, Bernas.id – Kalimantan sedang membangun infrastuktur jalan tol pertama yang tengah digarap oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk, pembangunan tol tersebut hingga kini progress konstruksinya baru berjalan 37,94 persen.

Jalan tol sepanjang 99,35 kilometer ini mulai digarap sejak awal tahun 2011 lalu. Jalan tol ini nantinya akan dikelola PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS), yang merupakan anak usaha dari Jasa Marga.

Badan usaha jalan tol pelat merah, PT Jasa Marga (Persero) Tbk menargetkan pembangunan Tol Balikpapan-Samarinda rampung akhir tahun 2018.

Meski progres konstruksi masih tipis, Refly Harun selaku Komisaris Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk, optimistis jalan tol pertama di Kalimantan itu dapat beroperasi penuh sesuai target.

“Diharapkan jalan tol ini dapat dimanfaatkan tidak hanya oleh masyarakat di Balikpapan maupun Samarinda, tapi juga memberi manfaat untuk Pulau Kalimantan secara umum,” ungkap Refly dalam keterangan tertulis yang diterima awak media, Sabtu (18/11/2017).

Refly berharap, pekerjaan konstruksi Tol Balikpapan-Samarinda tidak sampai di situ, kelak jalan tol ini dapat menjadi cikal bakal lahirnya Jalan Tol Trans Kalimantan.

Setelah beroperasi nanti, jalan tol ini akan menekan biaya logistik lantaran waktu tempuh distribusi barang antar kedua kota semakin singkat. Pengguna jalan dapat memangkas total perjalanan 54 kilometer, sehingga berbanding lurus dengan efisiensi waktu perjalanan antara Balikpapan dan Samarinda.

“Dari waktu tempuh semula menghabiskan 3 jam, nantinya dapat ditempuh hanya dalam waktu 1 jam,” paparnya.

Di pihak lain, Arie Irianto selaku Direktur Utama PT JBS menambahkan, tak hanya pekerjaan konstruksi yang terus berjalan, pembebasan lahan pun kini masih terus diupayakan agar dapat mencapai 100 persen. Hingga pertengahan bulan November 2017 progress pembangunan fisik jalan Tol Balikpapan-Samarinda mencapai 37,94 persen.

“Sedangkan untuk pembebasan lahan, proyek ini telah mencapai 83,4 persen,” imbuh Arie.

Leave A Reply

Your email address will not be published.