Berita Nasional Terpercaya

Sangat Disayangkan, Hal-hal ini yang Sering Dilewatkan Saat Hujan Turun.

0

Bernas.id ? Saat ini di berbagai kota di Indonesia sedang mengalami musim hujan. Ada banyak orang yang merasa bahagia dengan turunnya hujan. Namun, ada juga yang merasa kesulitan karena hujan. Dan kalian termasuk yang mana?

Tidak dipungkiri banyak sekali dari kita yang mengeluh karena turunnya hujan. Hujan menjadi sebuah permasalahan. Seperti halnya di ibu kota. Hujan menjadi sebuah bencana bagi masyarakat di sana. Musim hujan menjadikan banjir melanda ibu kota, sehingga menyulitkan para pekerja, para pelajar yang hendak berangkat ke sekolah dan lain sebagainya.

Kita pun terkadang mudah mengeluhkan turunnya hujan. Kita pun menganggap hujan menyulitkan urusan kita. Kita banyak mengeluhkan baik di dunia nyata maupun maya. Para orang tua juga melarang anaknya bermain di luar saat hujan turun karena beranggapan hujan dapat mengakibatkan sakit. Apa salahnya hujan turun?

Terkadang kita lupa bahwa hujan adalah rahmat dari Tuhan. Bagaimana tidak, hujan menjadikan tanaman-tanaman tumbuh dan bunga yang layu menjadi mekar. Dan Allah pun berfirman yang artinya, ?Dan Kami turunkan dari langit air yang penuh keberkahan. Lalu, kami tumbuhkan dengan air itu pohon-pohon dan biji-biji tanaman yang diketam? (QS. Qaaf: 9).  

Dibalik hal-hal yang kita keluhkan, ternyata turun hujan itu membahagiakan. Ini adalah amalan-amalan yang sering kita lewatkan di saat hujan turun. Tidak ada ruginya jika kita lakukan. Apakah itu? Mari kita simak.

1. Membaca doa turun hujan, dimana dengan membaca itu artinya kita mensyukuri nikmat turunnya hujan.

Hujan adalah berkah yang diberikan oleh Allah untuk kita. Aisyah radhiyallahu ?anha berkata, Nabi shallallahu ?alaihi wa sallam ketika melihat turunnya hujan, beliau mengucapkan, ?Allahumma shoyyiban nafi?an? (Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat) ? (HR. Bukhari).

Dan Ibnu Baththol mengatakan, ?Hadits ini berisi anjuran untuk berdo?a ketika turun hujan agar kebaikan dan keberkahan semakin bertambah. Begitu pula semakin banyak kemanfaatan.?

2. Saat turun hujan, adalah saat-saat dimana doa mustajab.

Buktinya apa?

Dari Sahl bin Sa?ad beliau berkata bahwa Nabi shallallahu ?alaihi wa sallam bersabda, ?Dua doa yang tidak akan ditolak, (1) doa ketika adzan dan (2) doa ketika turunnya hujan.? (HR. Al Hakim dan Al Baihaqi).

Dari sini kita tahu, bahwa turun hujan itu penuh dengan nikmat. Bagaimana tidak, doa-doa kita saat turun hujan tidak akan ditolak. Apa yang dirugikan dari turun hujan? Masih ngeluh?

3. Pada air hujan itu ada berkahnya.

Bagi para orang tua yang melarang anaknya hujan-hujanan, tidak perlu khawatir karena air hujan ini penuh berkah.

Anas bin Malik radhiyallahu ?anhu berkata, ?Kami pernah kehujanan bersama Rasulullah shallallahu ?alaihi wa sallam. Lalu, Rasulullah shallallahu ?alaihi wa sallam menyingkap bajunya hingga terguyur hujan. Kemudian kami mengatakan, ?Wahai Rasulullah, mengapa engkau melakukan demikian?? Kemudian Rasulullah shallallahu ?alaihi wa sallam bersabda, ?Karena hujan ini baru saja Allah ciptakan.? (HR. Muslim).

4. Jangan mencela hujan.

Banyak diantara kita yang mengeluhkan turunnya hujan. Dan ingat Allah berfirman yang artinya, ?Tiada suatu ucapan pun yang diucapkannya melainkan ada didekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir? (QS. Qaaf, 18).

Kita tahu bahwa hujan adalah cipataan-Nya. Jadi jika kita mencela ciptaanNya akan dicatat sebagai amal buruk. Oleh karena itu, pastikan kita menjaga setiap perkataan yang akan kita ucapkan.

Ini adalah beberapa amalan yang terkadang kita lupakan. Ternyata banyak kebaikan yang akan didapatkan dengan turunnya hujan. Jangan menyalahkan banjir karena hujan. Namun, salahkan diri kita yang tak menjaga lingkungan sehingga berakibat banjir saat turun hujan. Kita harus tahu bahwa apa yang menimpa kita karena ulah kita sendiri. Allah pun mengatakan di dalam firman-Nya yang artiynya, ?Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu).? (QS. Asy Syuraa : 30). Jadi jangan salahkan hal lain karena musibah yang kita terima. Jangan salahkan hujan turun karena setiap turun hujan akan ada kebaikan yang kita dapatkan.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.