Berita Nasional Terpercaya

Langkah Mudah Mengerjakan Akreditasi Sekolah

0

Bernas.id ? Akreditasi sekolah adalah agenda besar sekolah setiap lima tahun sekali, di mana para guru harus menyiapkan dokumen-dokumen fisik atau administrasi yang sesuai dengan standar pendidikan nasional untuk mendapatkan pengakuan nilai akuntabilitas sekolah dengan mendapat label A, B atau C.

Ketika guru dihadapkan dengan begitu banyaknya dokumen yang harus disiapkan, terkadang mereka malah tidak tahu harus memulai dari mana. Oleh karena itu, berikut ini akan dijelaskan langkah-langkah mudah dalam mengerjakan skripsi.

  • Mengacu pada sistem penilaian akreditasi sekolah

Apabila kepala sekolah sudah membagi guru penanggung jawab setiap standar, maka yang dilakukan guru pertama kali adalah melihat sistem penilaian akreditasi sekolah yang di dalamnya ada skor penilaian di tiap poin dalam tiap standar.

  • Catatlah target nilai yang ingin didapat dari tiap pointnya

Mencatat target nilai yang ingin dicapai sangatlah penting, karena hal ini akan membantu guru untuk membuat hipotesis awal tentang nilai yang akan didapatkannya nanti.

  • Mendata dokumen yang diperlukan di tiap poin

Tiap point yang telah ditentukan nilainya dilanjutkan dengan menentukan dokumen-dokumen yang diperlukan. Misalnya apabila guru telah menentukan nilai yang akan dicapai adalah nilai tertinggi, tentu dokumen yang perlu untuk dipersiapkan juga harus banyak setara dengan nilai yang ingin dicapai.

  • Melaksanakan kegiatan yang belum terlaksana secepatnya

Apabila ada kegiatan yang belum terlaksana, jangan tergesa untuk merencakan mendapat nilai kecil, karena masih ada waktu untuk membuat kegiatan tersebut terlaksana sebelum visitasi.

  • Melengkapi keperluan sekolah di tiap standar.

Kebutuhan sekolah seperti logo UKS, papan petunjuk tiap kelas dan ruangan, majalah dinding di tiap kelas, tempat cuci tangan, dan lain-lain, mulai dicek lagi. Masih adakah? Kondisinya masih baikkah? Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi ketiadaan sarana dan prasarana di tiap sekolah.

  • Mengelompokkan dokumen tiap point dari tiap standar

Ketika beberapa data sudah didapatkan, hendaknya guru langsung mengelompokkannya dan memberi tanda, standar berapa, dan poin berapa. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya tercampurnya dengan dokumen di standar lain.

  • Menulis di papan kantor dokumen/sarana yang diperlukan

Dokumen yang sedang dilengkapi hendaknya dituliskan di papan kantor. Hal ini dilakukan agar guru dapat saling melihat proses penyelesaian antar standar. Hal ini dilakukan untuk menciptakan komunikasi antar standar.

  • Lakukan check list dan mencatat dokumen yang sudah tersedia

Selain mencatat data yang sedang dilengkapi di papan tulis, setiap penanggung jawab standar hendaknya memiliki catatan pribadi tentang dokumen-dokumen yang sudah dilengkapi. Hal ini dilakukan untuk mempermudah proses peminjaman dokumen standar lain agar guru tidak menghabiskan waktunya untuk mencari dokumen yang dipinjam standar lain.

  • Mengevaluasi tiap minggu minimal sekali bersama dengan standar lain

Kepala sekolah harus senantiasa mengecek kelengkapan tiap standar. Dengan diadakannya pengecekan kelengkapan tiap standar di tiap minggunya maka akan ada komunikasi antar penanggung jawab standar. Sehingga antara satu standar dan yang lainnya akan saling melengkapi dan bukannya saling memperebutkan dokumen untuk standar masing-masing.

Demikianlah langkah-langkah mudah dalam mengerjakan akreditasi sekolah. Apabila guru memulai pengerjaannya dari tengah atau bahkan dari akhir, maka kelengkapan dokumennya akan berantakan dan banyak kemungkinan tercampur dengan dokumen standar lain yang akan mempersulit guru ketika visitasi pemeriksaan bukti fisik akreditasi.

Semoga langkah-langkah di atas mempermudah bapak/ibu guru dalam mengerjakan akreditasi. aamiin

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.