Berita Nasional Terpercaya

Anda Bertahan Pada Pekerjaan yang Tidak Diminati? Berikut Cara Menekuninya!

0

Bernas.id ? Bekerja pada bidang yang tidak diminati bukanlah hal yang mudah, namun apabila Aanda sampai pada titik bahwa Anda harus tetap bertahan di bidang itu, Anda harus memiliki trik-trik untuk menekuninya.

?Toh?besok paginya Anda juga akan ke tempat kerja itu kan??

Minat adalah suatu ketertarikan diri akan sesuatu yang berhubungan dengan perasaan dan pikiran. Ketika perasaan Anda mengatakan tidak berminat, maka pikiran Anda akan merespon dengan melakukan penolakan-penolakan baik itu dengan ucapan atau tindakan.

Mari kita pikirkan secara logika saja, apabila bidang yang tidak Anda sukai adalah tempat Anda mendapatkan rizeki, lalu untuk apa anda bersikeras melakukan penolakan yang pada akhirnya akan menyulitkan posisi Anda sendiri di sana.

Oleh karena itu, di sini akan diberikan beberapa cara untuk menekuni pekerjaan tersebut, dengan harapan akan timbul perasaan senang dan memunculkan semangat untuk menyelesaikan setiap pekerjaan yang sedang dilakukan:

  • Jangan punya prinsip ?yang penting bekerja.? Tetapi, mulailah dulu dengan ?tekuni saja.? Ada kata ?saja? dalam kalimat di samping karena memang di awal mungkin hati belum sepenuhnya se-iya dengan yang dilakukan. Tapi apabila disandingkan dengan kata ?tekun?, maka seiring berjalannya waktu kata ?saja? akan hilang hingga tinggal kata ?tekun? dalam bekerja.
  • Ikhlaskan pekerjaan lillah (untuk Tuhan semata). Ikhlas bekerja lillah Anda mendapatkan gaji, tidak ikhlas dalam pun Anda mendapat gaji, kalau Anda bisa bekerja sekalian dapat pahala dari rasa ikhlas dan mendapat gaji sekalian, kenapa harus terpaksa untuk bekerja?
  • Berikan hasil optimal, jangan setengah-setengah. Perasaan boleh masih setengah-setengah, tapi dalam bekerja harus memberikan kinerja yang optimal agar mendapatkan hasil terbaik. Perasaan Anda cukup Anda saja yang merasakan, jangan memengaruhi kinerja Anda pada pekerjaan. Dengan bertindak seperti ini, Anda akan professional dalam bekerja.
  • Bersyukur atas apa yang sudah didapatkan. Kata ?bersyukur? memang sederhana, namun susah dilakukan oleh mereka yang belum mampu legowo dengan kondisinya. Yang perlu diingat adalah ?Memang beruntung orang yang bisa bekerja sesuai dengan minat yang diinginkannya, tapi tak jarang pula Anda melihat mereka yang gagal meraih minatnya karena melupakan syukur atas apa yang sudah didapatkannya.?
  • Jangan lupa selipkan keinginan untuk dapat bergelut di bidang yang Anda minati. Dengan memulai bidang baru, bukan berarti Anda melupakan hal-hal yang Anda sukai. Apabila Anda bekerja lillah, senantiasa ikhlas dan bersyukur ketika bekerja, ditambah dengan menunjukkan kinerja yang optimal, maka bukan mustahil apabila semua itu nanti akan mengantarkan Anda pada bidang yang Anda minati.

Tidak semua yang kita rencanakan akan berjalan sesuai tujuannya, tapi ingatlah!!, Allah selalu mempunyai cara untuk mengembalikan kita pada tujuan yang sudah kita rencanakan. Jadi jangan menyerah!

Leave A Reply

Your email address will not be published.