Berita Nasional Terpercaya

Tak Perlu Menjadi Profesional, Asal Lakukan 5 Hal Sederhana Ini untuk Terampil Mendengarkan Orang Lain

0

Bernas.id – Saat Anda berbicara dengan orang lain dan mendengarkan ceritanya, orang tersebut berharap Anda akan menangkap semua ceritanya. Ia juga berharap Anda tertarik dan fokus pada isi pembicaraannya. Apa yang harus dilakukan agar Anda menjadi pendengar yang terampil seperti seorang profesional? Yuk simak 5 langkah sederhana agar Anda terampil mendengarkan cerita orang lain:

Tatap matanya
Siapa pun yang berbicara dengan Anda, atau orang lain, akan merasa berharga saat Anda menatap matanya. Hal tersebut membuat seseorang berarti dan berharga ketika berbicara dengan Anda.

Condongkan badan
Condongkan badan Anda untuk memperlihatkan bahwa Anda sangat tertarik pada isi pembicaraan yang ia sampaikan. Saat Anda mencondongkan tubuh ke arah orang yang bercerita pada Anda, ia akan menceritakan lebih banyak dari yang ingin Anda ketahui darinya.

Ajukan pertanyaan
Ajukan pertanyaan untuk menggali lebih banyak lagi yang ingin Anda ketahui. Saat Anda bertanya mengenai isi ceritanya, ia akan merasa sangat tersanjung karena ia melihat ketertarikan Anda pada isi ceritanya.

Jangan menyela
Jangan menyela seseorang yang sedang bercerita pada Anda. Saat Anda menyela pembicaraannya maka Anda akan kehilangan inti cerita atau isi cerita yang rinci yang kemungkinan akan Anda dapatkan. Jangan mengubah topik pembicaraan sama sekali dari pembicaraan awal. Tunggu sampai ia selesai bercerita, baru barulah berikan tanggapan Anda.

Fokus padanya
Fokus pada sudut pandangnya, bukan pada sudut pandang Anda. Biarkan pembicaraan jadi miliknya bukan milik Anda. Tetap pada bahasa ?Anda? bukan ?saya.? Karena Anda bertindak sebagai pendengar bukan sebagai pembicara, maka tetaplah bertindak seperti demikian sampai ia menyelesaikan ceritanya.

Keterampilan mendengarkan memang perlu latihan terus-menerus, semakin sering Anda berlatih, makan semakin terampil Anda melakukannya. Semakin rinci cerita yang Anda dapatkan dan orang lain pun akan semakin memercayai Anda sebagai pendengar.

Leave A Reply

Your email address will not be published.