Berita Nasional Terpercaya

Inilah Solusi agar Wanita Tidak Mudah Marah saat Menstruasi!

0

Bernas.id – Siklus menstruasi selalu terjadi setiap bulannya. Bahkan, kita sempat merasa cemas jika telat datang menstruasi. Wanita memiliki 3 fase dalam hidupnya, yakni fase anak-anak usia 1 – 12 tahun, fase produktif antara usia 13 – 44 tahun dan fase ketiga Menopause antara usia 45 – seterusnya. Nah, teman-teman, kita sekarang membahas fase produktif. Fase di mana kita masih bisa mengalami menstruasi. 

Dokter ahli Obstetri dan Ginekologi, Ardiansjah Dara mengatakan dalam tiap fase itu, wanita akan mengalami perubahan pada tubuhnya. Tidak hanya perubahan fisik, tapi juga perubahan psikis. Ardiansjah Dara, juga mengatakan ketika fase menstruasi terjadi, dinding rahim meluruh dan dapat membuat tubuh jadi lemah, lelah dan sebagainya. Wanita mudah marah saat menstruasi terjadi atau yang biasa disebut Premenstrual Syndrome (PMS). Hal itu terjadi karena tubuh wanita sensitif, bukan hanya tubuh, melainkan emosionalnya pun tinggi. Perut menjadi kram, sakit pinggang, sering menangis, hal-hal itu terjadi ketika menstruasi tiba. Wanita bisa jadi singa saat itu juga. 

Jadi teman-teman, walaupun seperti itu, ada solusi di balik itu semua. Berikut mari kita simak baik-baik! 

1. Banyak beristirahat

Ini sangat penting bagi tubuh kita karena tubuh kita sangat mudah lelah. Tubuh dan pikiran sangat membutuhkan istirahat. Jangan bekerja terlalu berat ya, teman-teman. Itu tidak baik bagi wanita yang sedang menstruasi.

2. Makan makanan sehat

Selanjutnya, kita juga harus menjaga pola makan agar tubuh tetap sehat dan kenyang. Kan kalau perut kenyang, semua tenang? Makanlah makanan kesukaan kalian, itu juga perlu. 

3. Banyak berolahraga

Agar tetap terjaga kesehatan dan stamina tubuh, kita harus banyak-banyak berolahraga. Lari-lari kecil di pagi hari juga bisa. Pokoknya biasakan olahraga agar kita juga tidak mudah capek dan sakit.

4. Cari hiburan

Biar kita tetap merasa bahagia, carilah sesuatu yang membuat bahagia. Entah itu nonton bioskop, main sama teman-teman, atau pacar mungkin? Yang jomblo, main sama temen aja ya, hehe. Pokoknya cari hiburan lah, me-refresh otak biar nggak jenuh. 

5. Tidur yang cukup

Nah ini yang terakhir, tidurlah yang cukup. Dokter menyarankan, tidur yang baik pada malam hari 7 – 8 jam akan meringankan perubahan emosi pada saat menstruasi. Tidur yang cukup akan membuat otak jadi lebih rileks, tidak mudah dipicu untuk marah. 

Teman-teman semoga penjelasan dan solusi tadi bermanfaat ya, silahkan dicoba! 

Leave A Reply

Your email address will not be published.