Berita Nasional Terpercaya

Orang Tua dan Lingkungan Ternyata Berpengaruh Terhadap Kids Zaman Now

0

Bernas.id – Dalam kehidupan sehari-hari, peran orang tua sangat mempengaruhi perkembangan dan kepribadian anak. Anak merupakan karunia Tuhan yang tidak terhingga. Orang tua harus sadar bahwa anak adalah calon penerus generasi masa depan. Maka dari itu ?kids zaman now? bukan semata-mata karena ingin mendapat perhatian. Akan tetapi tingkah laku mereka alami dari perilaku orang tuanya sehari-hari.

Perilaku orang tua sangat banyak memengaruhi kepribadian anak. Boleh jadi perubahan karakter anak bukan karena perubahan zaman, akan tetapi kurangnya perhatian orang tua terhadap anak. Perhatian orang tua terhadap anak dapat mengantarkan anak memiliki kepribadian yang baik. Namun pengaruh berkembang pesatnya tekhnologi turut menjadi pemicu kepribadian anak.

Dalam sisi aspek ruang lingkup kehidupan, transformasi dan inovasi pendidikan dapat menangkal budaya hedonis. Pendidikan harus menjadi pusat perhatian orang tua bagi perkembangan pendidikan anak. Minimnya perhatian orang tua terhadap anak dapat mengakibatkan anak semau gue. Anak adalah anugerah dan amanah dari Tuhan yang diberikan kepada orang tua. Anak yang dilahirkan ke dunia ibarat lembaran putih dan bersih. Fitrah anak dapat dijaga melalui perhatian orang tua sampai tumbuh dan berkembang menjadi karakter yang baik. Kids zaman now apabila dilihat dari persepsi Islam, tercermin dari hadis Rasulullah SAW. Dua hal yang dapat mempengaruhi kepribadian anak yaitu peran orang tua itu sendiri dan lingkungan pertumbuhan anak.

?Setiap anak dilahirkan dalam keadaan fitrah, maka kedua orang tuanyalah yang membuat dia (memiliki karakter) yahudi, atau (memiliki karakter) nasrani atau (memiliki karakter) majusi? ? HR. Muslim

Dari hadis tersebut diatas sangat jelas bahwa orang tua memiliki peran penting untuk perkembangan anak di masa yang akan datang. Pendidikan tidak bisa dijadikan andalan untuk mendampingi karakter anak. Akan tetapi hanya peran orang tualah yang dapat membentuk karakter dan kepribadian anak. Kebiasaan perilaku buruk yang dipertontonkan oleh orang tua akan berpengaruh terhadap pembentukan karakter anak. Maka dari itu, orang tua harus bisa menjaga kebiasaan dan tidak memerlihatkan perilaku yang tidak baik. Berikan kasih sayang yang cukup terhadap anak, jangan sampai anak mendapatkan kasih sayang dari orang lain. Berikan contoh kehidupan sesuai pedoman dan ajaran agama. Mulailah sejak dini, orang tua memberikan pusat perhatian kasih sayangnya terhadap anak. Luangkan waktu orang tua sejenak agar bisa bercengkerama secara intens dengan anak. Dengan demikian peran orang tua sangat penting di era ?kids zaman now?.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.