Berita Nasional Terpercaya

Kesalahan Cara Menyimpan Makanan di Kulkas, Nomor 7 Sering Kamu Lakukan. Hati-hati!

0

Bernas.id – Mempunyai kulkas menjadi kebutuhan yang tidak bisa disampingkan, apalagi untuk kaum ibu-ibu yang gemar menyimpan makanan untuk persediaan. Dilhat dari fungsinya sebagai pendingin makanan atau sebagai tempat menyimpan makanan agar awet, penggunaan kulkas sering salah dalam pemakaiannya.

Ternyata banyak banget kesalahan-kesalahan yang sering kita lakukan dalam menyimpan makanan di kulkas, yuk simak.

1. Menempelkan kulkas pada dinding

Penempatan kulkas sebaiknya berjarak 20 cm antara kulkas dan dinding. Kegunaannya agar sirkulasi udara tetap lancar karena kulkas akan melepaskan produksi panasnya.

Jika terlalu dekat menempel pada dinding maka akan memakan energi listrik lebih besar karena bagian belakang kulkas lebih cepat panas. Selain itu, memperlancar sirkulasi udara di sekitar kulkas membuat kulkas menjadi awet.

2. Mendekatkan kulkas dengan kompor

Jarak yang harus kalian ketahui antara kompor dan kulkas adalah sekitar 3 meter, yang harus diperhatikan juga adalah jangan meletakkan rice cooker atau microwave terlalu dekat dengan kulkas, karena kulkas akan membutuhkan energi listrik lebih banyak akibat peningkatan suhu di dekatnya.

3. Hindari kulkas terlalu penuh

Kebanyakan ibu-ibu bangga jika kulkasnya penuh, karena banyaknya timbunan makanan di dalamnya. Tapi tahukah jika kulkas terlalu penuh tandanya harus ada yang didaur ulang isi kulkasnya.

Kulkas yang terlalu penuh akan susah mengeluarkan udara dingin, karena udara susah merata dan menyebar. Hal ini disebabkan karena penuhnya makanan menghambat penyebaran udara. Akibatnya makanan mudah dihinggapi jamur dan bakteri.

4. Menyimpan daging mentah di freezer

Freezer sebenarnya digunakan untuk menyimpan makanan yang sudah matang yang akan dikonsumsi dalam waktu lama, misalnya menyimpan rendang, atau ungkepan ayam.

Sementara jika ingin menyimpan daging, letakkan di rak yang paling bawah. Karena jika daging diletakkan di freezer paling atas maka tetesan airnya akan mengontaminasi makanan yang ada di bawahnya. Jika kalian tetap ingin meletakkan daging di freezer, pastikan kulkasnya yang 2 pintu.

5. Mencampur sayuran dan buah dalam satu rak

Sebaiknya antara sayuran dan buah disimpan dalam rak yang berbeda karena ada beberapa buah yang sifatnya melepaskan gas seperti pisang, pir dan alpukat. Gas yang dilepaskan buah tersebut membuat sayuran lebih cepat layu atau busuk.

6.Tidak memperhatikan suhu

Suhu kulkas antara 0-4 derajat celcius, di atas suhu tersebut makanan akan cepat dihinggapi bakteri dan mikroba lain yang merugikan. Selain itu usahakan tidak membuka kulkas terlalu lama karena beresiko meningkatkan temperaturnya.

7 .Peletakan telur di pintu kulkas adalah kesalahan besar

Telur yang diletakkan di pintu kulkas membuatnya cepat busuk, karena area pintu kulkas lumayan tinggi suhunya. Sebaiknya letakkan telur dalam rak yang ada di dalam dengan di bungkus kertas karton terlebih dahulu.

Dalam meletakkan sayuran dan buah-buahan harus dalam rak yang paling atas agar tetap segar. Jangan lupa untuk rajin membersihkan kulkas agar bersih dan terjauh dari bakteri, selain itu kulkas yang bersih akan awet dan sedap di pandang mata.

Salam sehat.

Semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.