Berita Nasional Terpercaya

Wah, e-Rapor Menyebabkan Guru-Guru Ini Tertimpa Serangan!

0

Bernas.id – abad milenial ini sangat memengaruhi terhadap segala aspek baik dari segi ilmu sosial dan ilmu pendidikan, perubahan terus diwujudkan demi memodernisasi aspek-aspek kehidupan. Hedonisme manusia menumbuh kembangkan segala yang ada, dari manual diubah menjadi otomatis. Pergeseran ketenagaan juga merambak diubah dari manusia hingga ke mesin.

Dalam bidang pendidikan aspek ini memengaruhi dari segi penilaian, penghujung akhir semester biasanya ada pembukuan penilaian akhir. Teringat dulu rapor hanya ditulis tangan oleh guru, zaman now rapor sudah menjadi e-Rapor. Terbayang betapa canggihnya hari ini sehingga jika kita memerlukan untuk melihat nilai tinggal ketik saja nama siswanya maka akan muncul, namun kejadian ini menjadi polemik karena belum bisa kita gunakan semaksimal mungkin.

Minimnya pelatihan membuat e-Rapor menjadi serangan bagi guru yang gaptek. Untuk menyiasatinya, yang mengerjakan hanya bagian operator. Penyetaraan pengisian e-Rapor harus sebisa mungkin diadakan dengan cepat dan tepat supaya tidak bergantung satu sama lain, dari kejadian seperti ini maka terjadilah e-Rapor yang dibuat oleh sekolah masing-masing.

Keunggulan e-Rapor yang dibuat oleh sekolah ini lebih menguntungkan kepada pemakai karena lebih mudah digunakan, berbeda dengan e-Rapor yang digunakan dari kemendikbud yang harus menggunakan jaringan internet yang kuat. Mengingat tidak semua sekolah jaringan internetnya bagus sehingga sangat minim sekali penggunaan e-Rapor ini.

Setiap perubahan harus direncanakan dengan semaksimal mungkin, kekurangan rencana bisa menjadi bom waktu untuk ke depan. Pembaruan terus dilakukan untuk mendekati penyempurnaan, kehati-hatian sebisa mungkin harus dijaga karena efeknya bukan sebentar. Penilaian sangat hakiki untuk kemajuan siswa kita, tanpa nilai mereka hanya bagian awan yang melayang-layang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.