Berita Nasional Terpercaya

Awas! Amarahmu Bisa Merugikan Diri Sendiri dan Orang Lain!

0

Bernas.id – Ada dua tipe manusia di bumi ini ketika sedang marah, tipe pertama adalah orang yang bisa menyembunyikan amarahnya dengan orang lain sehingga diluar akan terlihat seperti tidak punya masalah walaupun sebenarnya sedang memiliki masalah yang sangat rumit. Tipe kedua adalah orang yang ketika marah dia tidak bisa membedakan antara orang yang membuat dia marah dengan yang tidak sehingga akan sangat terlihat ketika dia sedang ada masalah, kemudian masalah tadi berimbas pada kegiatan sehari-hari.

Tapi, tahukan kalian bahwa marah itu bisa merugikan diri sendiri dan orang lain ketika kalian tida bisa mengendalikannya. Apa saja efek dari amarah kalian ketika tidak dikelola dengan baik? Cari tahu disini!

1. Membuat orang risih

Sadar atau tidak, sebagian orang ketika sedang dalam kondisi yang tidak baik atau sedang mempunyai masalah maka akan berimbas dan memberi dampak buruk terhadap aktivitas hariannya. Tidak terkecuali berimbas buruk terhadap teman-teman terdekatnya. Seseorang yang bertipe ketika marah berimbas kepada aktivitasnya akan terlihat cemberut dan terkesan tidak memiliki gairah hidup sehingga akan membuat risih dan tidak nyaman orang-orang disekitarnya. Jika sudah seperti itu maka dampak buruk akan berimbas pada diri sendiri yaitu dijauhi oleh rekan atau teman terdekat.

2. Menyebabkan stres dan sedih

Seseorang yang sedang marah sebagian besar akan mengalami stres dan sedih yang berlarut. Tingkatan stres dan kesedihannya lebih banyak dibandingkan dengan orang normal sehingga orang yang sedang marah rentan mudah mengalami emosi apabila ada sesuatu yang sedang mengganggunya, apabila sudah seperti itu makan kemarahannya akan bertambah dan terus bertambah. Sehingga stres yang dirasakan akan meningkatkan tekanan mental dan emosional.

3. Menyebabkan berbagai macam penyakit

Rasa marah yang sudah berlarut akan menimbulkan berbagai penyakit terhadap si pemarah itu sendiri. Efek dari stres dan meningkatnya tekanan mental akan berpengaruh pada meningkatnya tekanan darah pada manusia. Hal ini akan menyebabkan timbulnya beberapa penyakit seperti jantung koroner, nyeri otot, inflamasi, hipertensi, sampai menurunkan imunitas tubuh.

4. Menyebabkan si pemarah menjadi terisolasi secara sosial

Ketika seseorang memiliki kebiasaan marah-marah sampai mengganggu kehidupan orang lain, maka lama-lama orang tersebut akan dijauhi dan disingkirkan dari lingkungan. Kemarahan seseorang akan menyebabkan ketidaknyamanan orang lain. Sehingga ada baiknya apabila ketika sedang marah tidak perlu dibesar-besarkan dan secepatnya diredakan agar tidak berlarut-larut dan merugikan banyak pihak.

Leave A Reply

Your email address will not be published.