Berita Nasional Terpercaya

Rusunami Berbasis TOD Menggiurkan, Astra Property Minat Garap TOD di Sepanjang Jalan Tol

0

SEMARANG, Bernas.id – Rusunami berbasis Transit Oriented Development (TOD) dianggap prospek yang menggiurkan. Pasalnya, hunian yang menempel dengan sarana transportasi tersebut dianggap mendapatkan tren positif dari masyarakat yang mencari hunian.

PT Menara Astra (Astra Property) berencana membangun transit oriented development (TOD). Astra Property akan memanfaatkan area ruas tol yang dikelola oleh PT Astratel Nusantara (Astra Infra).

Menurut Panji Nurfirman, Deputy Finance Director PT Menara Astra Panji Nurfirman, hunian TOD saat ini tengah menjadi tren. Seperti diketahui pemerintah lewat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tengah mengembangan TOD yang memanfaatkan lahan di sekitar stasiun milik PT Kereta Api Indonesia (Persero).

Adapun TOD yang sudah dilakukan groundbreaking di antaranya, di Stasiun Tanjung Barat, Stasiun Djuanda dan Stasiun Pondok Cina. Ke depan Stasiun Bogor pun akan dikembangkan TOD.

“Semua developer memang melihat ke arah TOD. Termasuk kami (Astra Property) ,” teragnya di Hotel Wujil, Semarang, Kamis (7/12/2017).

Lebih lanjut Panji mengungkapkan, untuk saat ini pihaknya masih mendiskusikan rencana pembangunan TOD ini. Rencananya akan melakukan kerjasama dengan anak grup Astra International lainnya yakni Astra Infra.

“Kita intens berdiskusi rencana pengembangan rest area di sepanjang tol yang dikelola oleh Astra Infra. Kami lihat ada peluangnya di sisi tol,” imbuhnya.

Karena baru sebatas pembahasan, bentu TOD Astra Propety pun belum bisa dijabarkan. Bisa berupa hunian vertikal ataupun lainnya. Meski demikian, Astra menyatakan tertarik dalam mengembangkan properti dengan konsep TOD.

Leave A Reply

Your email address will not be published.