Berita Nasional Terpercaya

Ternyata Resolusi Bisa Membuatmu Keluar dari Alibi Takdir

0

Bernas.id – Tahun 2017 ini akan segera berakhir, dalam hitungan minggu kita akan memasuki tahun baru, tahun 2018. Biasanya setiap orang terdorong untuk membuat resolusi untuk pencapaian target tahun depan. Namun sebelum membuat resolusi, ada baiknya kita pun mengevaluasi atas semua episode dan pencapaian yang berlangsung pada tahun 2017 guna mengukur tingkat kesuksesan kita di tahun ini, yang selanjutnya dapat dijadikan pijakan untuk menentukan resolusi berikutnya dengan strategi-strategi untuk mencapai target yang telah ditentukan.

Jika capaian tahun ini dirasa belum tercapai, tetaplah bersyukurlah. Karena kita masih diberikan waktu untuk mencapainya di tahun yang akan datang. Jangan putus asa atau down karena kegagalan pencapaian target tadi. Sehingga membuat kita malas untuk membuat resolusi lagi, justru kita harus semakin semangat melangkah untuk melakukan loncatan pencapaian target dengan melebihi harapan. Karena tidak ada yang tidak mungkin dalam kehidupan. Sekalipun tidak tercapai, tak berarti itu adalah kegagalan mutlak, bisa jadi kesuksesan yang tertunda atau berekontruksi dalam bentuk yang beda. Terlebih hidup itu harus direncanakan berdasarkan teorema manajemen, gagal merencanakan sama dengan merencanakan kegagalan.

Masalah lain yang membuat kita minimalis dalam menentukan dan mencapai target bisa jadi karena berlindung pada kosa kata pasrah dan takdir. Ini seperti sebuah kelumrahan yang sebenarnya salah kaprah. Pasrah artinya tidak berpangku tangan tetapi mengambil tindakan dan kesempatan. Begitu pun takdir, ia adalah ketetapan Tuhan namun kitalah yang menentukan ketetapan tersebut. Artinya kembali diri kitalah yang menjadi kunci akan seperti apa takdir kehidupan kita.

Mimpi adalah harta berharga bagi setiap orang, kehilangan mimpi bukan hanya kehilangan masa depan tetapi kehidupan. Namun terpesona dalam mimpi indah akan membuat kita tidur berkepanjangan lalu lupa untuk mewujudkannya. Kunci mengikat mimpi, salah satunya adalah dengan menuliskannya. Di mana menulis mimpi bisa dengan membuat sebuah resolusi, rencana yang terukur dan bisa terevaluasi. 

Dengan resolusi semoga langkah kita semakin terarah dan termotivasi untuk menggapai tujuan. Tidak lagi beralibi bahwa hidup itu seperti air yang mengalir, karena sebenarnya air yang mengalir pun selalu tahu ke mana dia harus mengalir. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.