Berita Nasional Terpercaya

Ini Cara Ampuh Menghadapi Pelarian Siswa

Bupati Sleman – 17 Agustus 2022
0

Bernas.id – Pendidikan non formal merupakan pendidikan di luar pelajaran sekolah. Pendidikan non formal bisa kita temukan di kehidupan sehari-hari baik di rumah, cafe, mall, bahkan di jalan sekalipun. Sering sekali menemukan pendidikan-pendidikan yang tersirat di jalanan, namun jika salah dalam mengartikan, bisa saja nanti malah terjerumus. 

Tapi apakah siswa cukup di pendidikan formal saja? Tentu saja tidak, namun kita juga harus tahu batasan atau porsi dari daya ukur mereka. Banyak sekali orangtua yang selalu memaksakan terhadap anaknya sehingga mereka dijadikan 'robot'. Benar-benar gila tentunya, niatnya baik tapi tidak berfaedah. Bukannya anak menjadi pintar tapi malah menjadi bobrok baik secara fisik maupun mental. 

Hematnya seorang siswa harus bisa dimanjakan ke dalam satuan zona nyaman, zona ini merupakan zona terfavorit bagi siswa. Tahapan zona nyaman bisa dikendalikan dari segi hobi, siswa dari usia SD, SMP, dan SMA biasanya menyukai lari-lari dengan teman sebayanya. Baik lari merebutkan bola, lari merebutkan pacar, dan lari bermain hanya untuk kesenangan. Bukan lari dari kenyataan tentunya. 

Apa hubungannya zona nyaman dengan non formal? Kita harus memberikan motivasi atas respon tentang tidaknya melarikan diri dari hal yang paling sulit dikerjakan. Mengerjakan soal dan mengerjakan tugas adalah hal yang terumit yang biasa mereka hadapi, kita sebagai orangtua atau orang yang paling tua harus bisa mengendalikan rasa takut mereka, bukan malah menunggangi dengan kata-kata yang tidak perlu dikeluarkan, setiap omelan contohnya. Berbaiklah, senakal-nakalnya siswa coba kita sabar. Dengan kesabaran yang full akan menghasilkan karunia yang banyak.

Leave A Reply

Your email address will not be published.