Berita Nasional Terpercaya

8 Teknik Mengajar Pelajar Zaman Now. Nomor 6 Yang Paling Utama!

0

Bernas.id ? Dewasa ini sering kali kita membaca di medial sosial tentang Kids Zaman Now. Kids zaman now terdiri atas dua kelompok generasi yaitu Generasi Y dan generasi Z. Generasi Y (generasi milenial) yang lahir sekitar tahun 1981 ? 1994 dan generasi Z yang lahir sekitar tahun 1995 ? 2010.

Beberapa karakteristik generasi kids zaman now antara lain memiliki kecenderungan malas membaca, kemampuan berpikir kritis masih rendah, apatis terhadap mata pelajaran dan guru, cepat merasa bosan, kemampuan menyimak minim, sulit/gagal fokus dan mudah terusik hal-hal yang sepele.

Tantangan guru kini semakin besar dalam menghadapi generasi kids zaman now ini. Namun ada beberapa kiat pendekatan dan teknik mengajar dan mendidik mereka agar materi pelajaran yang disampaikan guru kepada mereka dapat diterima dengan baik, yaitu :

  1. Buka dan mulai KBM dengan mengajukan pertanyaan dan diskusi. Mulailah KBM dengan mengajukan berbagai pertanyaan terbimbing dan diskusi yang terkait materi pelajaran ataupun non materi pelajaran
  2. Ikuti perkembangan tren film, lagu dan trending. Sesekali ikuti perkembangan tren hiburan ala zaman now, hastag apa yang sedang hits, film dan musik terbaru bahkan feed yang sedang ramai di lini masa mereka.
  3. Begin with end mind (tell the consequence and tell the finish line). Mulailah KBM dengan bercerita behind the scene and future. Berikan mereka gambaran tentang masa depan mengapa matematika, IPA, IPS dan bahasa menjadi demikian penting untuk mereka pelajari dan kuasai.
  4. Dengarkan dengan hati. Mendengarkan mereka dengan sabar bukan hanya sekedar mendengar saat pelajar zaman now berbicara dan bertanya.
  5. Beri mereka harapan dan cerita positif tentang masa depan mereka. Pelajar zaman now haus akan berita baik dan positif. Guru hendaknya menyebarkan harapan serta berita baik tentang negara kita dan kesuksesan masa depan yang dapat mereka gapai di kemudian hari.
  6. Lakukan pendekatan personal. Guru dan harus memiliki tingkat kesabaran ekstra dan pandai berinteraksi dengan mereka, baik akademik maupun non akademik.
  7. Create collaboration. Not confrontation. Hubungan guru dan pelajar perlu dibangun dengan baik. Perlu kolaborasi yang baik antara guru dan pelajar. Jangan sampai pelajar membenci gurunya.
  8. Pelajar memerlukan dan menyukai cerita yang menarik dan menyenangkan. Pelajar zaman now lebih memilih mengakses Google untuk mencari informasi daripada bertanya kepada guru dan ke perpustakaan. Mulailah KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) dengan membawakan satu cerita yang dapat menarik perhatian mereka, tentunya yang update, aktual, praktis dan dekat dengan kehidupan mereka.

Dengan menerapkan 8 teknik dan cara mengajar ini diharapkan para pelajar zaman now merasa nyaman dalam mengikuti KBM dan selanjutnya meraih prestasi akademik yang memuaskan, serta dapat menggapai impian mereka masuk program studi dan perguruan tinggi yang mereka dambakan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.