Berita Nasional Terpercaya

Umat Muslim, Mari Tunaikan Kewajibanmu yang Satu Ini Demi Kesejahteraan Umat

0

Bernas.id – Zakat merupakan kunci kehidupan untuk manusia supaya hidup lebih barokah. Tanpa zakat manusia tidak menghargi rejeki dari Yang Maha Kuasa, segala yang diberikan dari dunia hanya titipan semata. Maka kita harus bersyukur karena sudah diberikan kelebihan oleh Allah swt. Zakat bisa menolong kita untuk masuk ke surga, semakin banya kita berzakat maka besar pula harapan kita masuk surga.

Zakat sifatnya wajib, jangan menunggu sampai kita punya uang lebih. Sifat ini lah yang selalu salah kaprah, apakah anda termasuk orang seperti ini? Mari ubah pendirian kita tentang zakat, zakat sangat erat dengan kedermawanan. Ada juga peribahasa lebih baik tangan di atas dari pada di bawah. Zakat memiliki power yang luar biasa, dengan ibadah yang kuat makan zakat kita akan lebih baik.

Ajarkan anak pada usia dini untuk berzakat, karena kebiasaan sejak kecil akan terpatri pada pola pikir mereka sehingga setelah dewasa akan terus menjalankan amalan zakat. Beberapa hadis tentang zakat diantaranya: 

Dari Ibnu Abbas r. bahwa Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam mengutus Mu'adz ke negeri Yaman –ia meneruskan hadits itu– dan didalamnya (beliau bersabda): “Sesungguhnya Allah telah mewajibkan mereka zakat dari harta mereka yang diambil dari orang-orang kaya di antara mereka dan dibagikan kepada orang-orang fakir di antara mereka.” (Muttafaq Alaihi dan lafadznya menurut Bukhari).

Sangat dianjurkan sekali untuk berzakat, jangan takut miskin karena berzakat. Mari berlomba-lomba untuk zakat. Sesama muslim jangan mau kalah dengan orang lain. Berlomba dalam kebaikan akan menghasilkan manfaat yang baik untuk diri sendiri.

Leave A Reply

Your email address will not be published.