Berita Nasional Terpercaya

Inilah Metode Penguatan Kualitas Guru Melalui Upgrade dan Update

0

Bernas.id – Informasi yang mudah didapat dalam waktu cepat ini membuat seorang guru dituntut untuk selalu melakukan upgrade dan update dalam proses belajar mengajar yang dilakukannya di dalam kelas.

Upgrade yang dilakukan guru dalam pembelajarannya dilakukan dengan tujuan untuk memberi peningkatan dalam proses belajar mengajarnya, karena perkembangan zaman yang identik dengan perubahan-perubahan, harus senantiasa dibarengi dengan peningkatan dalam dunia pendidikan yang dilakukan oleh guru sebagai penggerak utama dalam proses belajar mengajar.

Baca juga: Apa Itu Jurusan Sistem Informasi? Inilah Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya

Update pun perlu dilakukan oleh guru, karena ilmu pengetahuan senantiasa berkembang. Jadi guru tidak mungkin mengajar dengan menggunakan ilmu pengetahuan lama yang dulu beliau pelajari di sekolah-sekolah atau pun ketika kuliah.

Apa saja yang perlu di-upgrade dan di-update oleh guru untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Metode pembelajaran

Sebuah metode pengajaran ditentukan oleh seorang guru setelah melihat bagaimana materi yang akan diberikan, tujuan pembelajaran, kemampuan akademik dan karakteristik peserta didik serta fasilitas belajar mengajar yang dimiliki oleh sekolah. Dengan senantiasa meng-upgrade metode pembelajaran yang dimiliki, seorang guru akan mampu memilah dan memilih metode terbarukan yang tepat digunakan pada peserta didiknya sesuai dengan kondisi di dalam kelas.

Baca juga: 5 Universitas Jurusan Sistem Informasi Terbaik di Indonesia

Materi pelajaran

Materi pelajaran yang diberikan kepada siswa akan senantiasa mengalami peningkatan sesuai dengan perkembangan zaman, oleh karena itu, seorang guru yang berperan sebagai pentransfer ilmu kepada peserta didik, harus memiliki keluasan ilmu yang lebih banyak daripada yang dibaca dari buku paket yang dimiliki siswa. Maka, update informasi terbarukan harus selalu dilakukan oleh guru agar tidak tergerus oleh kemajuan zaman.

Baca juga: 14 Universitas Jurusan Teknik Informatika Terbaik di Indonesia

Penanganan peserta didik

Permasalahan yang dilakukan oleh peserta didik selalu berganti sesuai dengan kemajuan yang ada di sekitar mereka. Maka, apabila seorang guru memiliki siswa yang cerdik dalam memanipulasi tugas karena kemudahan informasi yang didapat dari internet, maka seorang guru harus lebih cerdik dalam menyiasati pemeberian tugas agar siswa tidak asal mengumpulkan agar tidak dihukum saja, tetapi siswa juga mendapatkan ilmu dari tugas yang dikerjakan. Upgrade ini perlu didapatkan oleh guru agar suasana kelas kondusif.

Kapan waktu yang tepat untuk melakukan upgrade dan update seorang guru?

Baca juga: 13 Universitas Jurusan Akuntansi Terbaik Indonesia dan Luar Negeri

Rutin tiap semester guru

Upgrade atau update yang hendak diberikan kepada seorang guru hendaknya diberikan secara rutin untuk memaksimalkan hasil peningkatan kualitas sumber daya guru. Pada akhirnya pemerataan kemampuan guru pun dapat tercapai tanpa ada ketimpangan materi atau kebijakan, karena segala kesulitan yang dialami guru selama satu semester akan dicarikan solusinya bersama-sama dalam pertemuan rutin tersebut.

Baca juga: 6 Sertifikasi Akuntansi Bagi Profesi Akuntan di Indonesia

Mendadak

Upgrade dan update mendadak pun perlu dilakukan apabila ada kebijakan baru yang ditetapkan oleh pemerintah. Penyamaan dan penyetaraan antara kebijakan lama dengan kebijakan baru yang terkadang belum terkoordinir dengan rapi dapat dilakukan dalam pertemuan mendadak tersebut.

Demikianlah sebagian upgrade dan update yang perlu dilakukan guru dalam menghadapi perkembangan dunia pendidikan. Kemampuan guru yang selalu ter-upgrade dan ter-update akan menghasilkan proses belajar mengajar yang kondusif dan menghasilkan siswa-siswa yang selalu inovatif di semua mata pelajaran.  

Baca juga: 5 Universitas Jurusan Kewirausahaan Terbaik Indonesia

Leave A Reply

Your email address will not be published.