Berita Nasional Terpercaya

Duh, Petani Indonesia Makin Diuji Kesabarannya

0

Bernas.id – Indonesia merupkan penghasil pertanian terbaik, tanah yang subur seakan-akan anugerah yang diberikan oleh Allah swt. Hamparan ladang hijau adalah bukti bahwa tanah Indonesia sangat memesona, semua jenis tanaman bisa ditemukan di tanah yang indah ini. Bahkan ada jenis tanaman yang bisa tumbuh sendiri tanpa ditanam, luar biasa kehendak Yang Maha Kuasa.

Indonesia banyak sekali yang berprofesi sebagai petani karena menjadi seorang petani tidak terlalu mahal bahkan sifatnya bisa menjadi turunan, kemudahannya bertani mempunyai daya saing tersendiri. Keistimewaan ini tidak sebanding dengan penghasilan petani kacangan, berbeda ketika petani yang punya ratusan hektar maka surplusnya akan sangat menguntungkan.

Pendapatan dan keringat tidak sebanding, ditambah cuaca jika sedang tidak bersahabat pasti akan tamat riwayat atau gagal panen. Titik terangnya adalah sabar, ?Dan, Allah mencintai orang-orang yang sabar?. [Ali Imran : 146]. Balasan dari Allah ketika orang bersabar dalam firmannya, ?Dan, sesungguhnya Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang mereka kerjakan?. [An-Nahl : 96], ?Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas?. [Az-Zumar :10].

Ingatkan dalam hati kita bahwa semua cobaan adalah ujian yang harus kita hadapi dengan ikhlas. Bersifat prontal dan menuntut pada pemerintah untuk menaikan harga bukanlah suatu tindakan yang terpuji. Tindakan pemerintah harus bisa mengatasi para petani, jangan sampai pemerintah memonopoli perdagangan sehingga akan merugikan petani.

Kecurangan dari oknum tertentu harus ditindak sampai ke akar-akarnya, tindakan yang memerkaya diri bukanlah solusi untuk kesenjangan hidup. Sebagai lembaga pemerintahan harusnya bisa mengkaji kebijakan-kebijakan yang merugikan rakyatnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.