Berita Nasional Terpercaya

Wanita Sehat Bebas Kanker? Lakukan 2 Pemeriksaan Ini Sejak Dini

0

Bernas.id – Kanker adalah momok menakutkan bagi seluruh wanita di dunia, terutama di Indonesia. Apalagi dengan diketahuinya bahwa jumlah penderita kanker di Indonesia yang terus meningkat, begitu pun dengan kematian. Berdasarkan laman Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, menyatakan bahwa dua jenis kanker tertinggi yang mengancam wanita Indonesia adalah kanker leher rahim (serviks) dan kanker payudara.

Hal itu menjadi perhatian serius oleh pemerintah sehingga pemerintah pun melakukan berbagai upaya untuk menanggulangi penyakit tersebut, antara lain dengan meningkatkan pengetahuan akan jenis dan bahaya kanker pada masyarakat. Selain itu, pemerintah juga menyarankan agar seluruh wanita di Indonesia untuk vaksin Human Papiloma Virus (HPV) guna menekan angka penderita kanker sejak dini. Vaksin tersebut tidak hanya ditujukan pada wanita yang telah menikah, namun sangat penting untuk para remaja wanita.

Pencegahan kanker dengan vaksin dibenarkan oleh dr. H. Hasti Wardoyo, Sp. OG(K) pada laman Kementrian Kesehatan Republik Indonesia bahwa, ?95% kejadian kanker leher rahim (kanker serviks) adalah karena adanya Human Papiloma Virus (HPV) yang menyerang dan salah satu pencegahannya adalah dengan melakukan vaksin sebelum timbulnya penyakit.?

Selain, pendidikan akan penyakit kanker dan melakukan vaksin HPV, para wanita juga perlu tahu bahwa beberapa jenis kanker dapat dicegah melalui deteksi dini, yang antara lain adalah:

IVA

IVA adalah Inspeksi Visual dengan Asam Asetat untuk mendeteksi kanker leher rahim (serviks) sejak dini. Syarat melakukan tes IVA, antara lain: sudah menikah, tidak sedang datang bulan, dan tidak melakukan hubungan suami istri 1×24 jam sebelum tes.

SADANIS

SADANIS adalah deteksi dini kanker payudara dengan dilakukannya pemeriksaan payudara secara klinis. Pemeriksaan SADANIS ini dilakukan oleh bidan atau dokter sebelum dilakukannya tes IVA, yaitu pasien akan diperiksa terlebih dahulu payudaranya apakah terdapat benjolan atau tidak. Untuk pemeriksaan ini bisa dilakukan oleh wanita yang belum menikah.

Kedua pemeriksaan tersebut dapat Anda lakukan di bidan desa, puskesmas pembantu, puskesmas, rumah sakit, maupun rumah bersalin.

Kesadaran masyarakat akan pemeriksaan untuk deteksi sejak dini masih kurang, hal ini dikarenakan berbagai faktor, antara lain kurangnya pemahaman akan pentingnya pemeriksaan ini, adanya rasa malu, takut, atau bahkan merasa sehat karena tidak adanya gejala yang dirasakan, padahal deteksi dini ini sangat penting.

Bagaimana? Sudahkah Anda melakukan vaksin Human Papiloma Virus (HPV) atau pemeriksaan untuk deteksi sejak dini? Semoga tingkat penderita kanker di Indonesia semakin berkurang dan wanita di Indonesia sehat bebas kanker. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.