Berita Nasional Terpercaya

Bagaimana Sekolah Menghadapi Gempa yang Bisa Datang Kapan Saja? Begini Penjelasannya

0

Bernas.id – Gempa dalam sekolah. Andaikan gempa bisa berbicara pasti akan memberikan peringatan. Bapak/Ibu guru yakin sudah memberikan pendidikan cara penanggulangan gempa di sekolah? Fatal sekali jika gempa datang saat KBM terlaksana. Rasa kenyamanan sedang belajar akan memengaruhi daya konsentrasi belajar anak-anak sehingga bisa menghiraukan keadaan di sekitar.

Peningkatan pembelajaran harus ditinggkatkan lagi, jangan sampai mengesampingkan kekejaman alam yang begitu dasyat. Lika-liku pendidikan akan semakin berat jika merasa dituntut untuk melakukan ini dan itu. Inilah tantangan yang menarik untuk para guru, bukan hanya memberikan pelajaran yang diampu, namun kita juga harus mampu memberikan pertolongan untuk pencegahan bencana-bencana.

Makin menantang atau makin dirugikan? Keikhlasan akan dibalas oleh Allah swt, jangan sampai kita berharap kepada manusia. Niatkan semata-mata karena Allah dalam segala bidang yang kita lakukan. Adapun cara penanggulangan saat bencana terjadi menurut Dr. M Hamid Anwar M.Phil adalah mencari lokasi yang relatif aman dari bencana (evakuasi) dan membuat rencana jangka pendek rehabilitasi.

Kegiatan yang diungkapkan di atas sangat mebantu dalam manajemen terhadap bencana yang akan datang, tidak akan saling mengandalkan dan efektif jika dipraktekan. Kejadian yang sering terjadi, ketika bencana gempa datang para siswa yang sedang belajar langsung berhamburan, banyak sekali lari-lari mereka ke arah yang tidak jelas. Maka dari itu pentingnya membuat sarana untuk menentukan wilayah evakuasi dan perencanaan yang menyeluruh supaya tersusun secara sistematis.

Penunjangan dalam segi aspek kesiapsiagaan sekolah menurut Dr. M Hamid Anwar M.Phil diantaranya pelembagaan, fisik, perencanaan, protap, dan capacity bulding. Sekolah harus mempunyai pelembagaan yang jelas untuk mempertanggung jawabkan kepada siapa saat gempa terjadi, sehingga tidak akan menimbulkan kepanikan yang luar biasa. Untuk fisik kondisi gedung harus benar-benar bisa diandalkan, usahakan perbaikan berkala agar terjadi gempa fisik bangunan tidak shok. Perencanaan kesiap siagaan sekolah harus benar matang. Protap sendiri adalah bagian terpenting, dimana setiap guru harus mempunyai tugas-tugas nya sendiri saat terjadi gempa. Dan yang paling inti adalah capacity bulding yaitu untuk membuat simulasi bencana supaya anak tidak kikuk.

Peranan guru sangat menonjol dalam segala aspek, baik dari segi luar dan dalam diri siswa, guru sosok inspiratif bagi siswa agar bisa mengolah siswa dengan bijak. Guru sebagai agen intelektual untuk menjaga siswa suapaya bisa berjalan dalam ranahnya yang baik.

Leave A Reply

Your email address will not be published.