Berita Nasional Terpercaya

Agar Tetap Sehat dan Produktif, Berapa Jam Waktu Yang Diperlukan Untuk Tidur

0

Bernas.id – Kadangkala kita merasa tidak cukup waktu tidur sehingga terus mengantuk. Atau, saat kita bangun tidur badan terasa tidak segar. Barangkali semua itu disebabkan waktu tidur kita kurang baik kuantitas maupun kualitas.

Tidur adalah kebutuhan penting setiap manusia. Saat tidur adalah saat terbaik bagi kita untuk memulihkan tenaga, sehingga kembali produktif. Bagi anak-anak, kecukupan waktu tidur terkait dengan perkembangan dan pertumbuhan. Waktu tidur, sama pentingnya dengan waktu bekerja, waktu bersantai atau waktu belajar dan beribadah. Oleh karena itu, kecukupan waktu dan kualitas tidur mesti dipenuhi.

Salah seorang pakar psikologi, Natalie D. Dautovich P.Hd dalam National Sleep Foundation yang dilansir www.forbes.com, mengemukakan bahwa jangka waktu tidur masing-masing orang berbeda-beda tergantung usia. Semakin tua usia seseorang, kebutuhan tidurnya semakin berkurang.  Tentu saja, masing-masing individu  ada perbedaan meskipun tidak banyak. National Sleep Foundation, merekomendasikan kebutuhan waktu tidur untuk berbagai kategori usia sebagai berikut:

  • Bayi baru lahir (0-3 bulan) : 14 ? 17 Jam
  • Bayi berusia 4-11 bulan : 12 ? 15 jam
  • Anak-anak usia 1 ? 2 tahun: 11 ? 14 Jam
  • Anak usia dini 3 ? 5 tahun: 10 ? 13 jam
  • Anak usia 6 ? 13 tahun : 9 ? 11 jam
  • Remaja usia 14 ? 17 tahun: 8 ? 10 jam
  • Dewasa awal usia 18 ? 25 tahun : 7 ? 9 jam
  • Dewasa usia 26 ? 64 tahun: 7 ? 9 jam
  • Usia di atas  65 tahun : 7 ? 8 jam

Kurangnya waktu tidur, dapat berpengaruh terhadap fisik maupun psikis seseorang. Secara fisik, kurang tidur dapat mengakibatkan peningkatan resiko serangan jantung dan stroke, bahkan kelebihan berat badan. Untuk yang terakhir itu bisa jadi disebabkan oleh kebiasaan ngemil bagi orang yang dilakukan seseorang saat tidak bisa tidur. Dari segi mental, kurang tidur dapat berpengaruh terhadap ketidakstabilan mood, penurunan kreatifitas, penurunan kemampuan mengambil keputusan dan resiko gangguan kognitif yang lain.

Kecukupan waktu tidur, sangat penting untuk menjaga kesehatan dan produktifitas. Oleh karena itu, menjaga kecukupan tidur sangat harus kita lakukan. Kebiasaan tidur terlalu larut, mengakibatkan kekurangan waktu tidur sehingga  tidak baik bagi kondisi kesehatan dan mental. Bagi orang tua dan guru, menjaga kecukupan tidur anak dapat membantu mereka belajar dengan baik di sekolah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.