Berita Nasional Terpercaya

Heboh Pasien Jadi Korban Pelecehan Seksual. Inilah Cara Membentengi Diri Bagi Wanita!

0

Bernas.id – Kejahatan seksual bisa terjadi di mana dan kapan saja. Ada banyak motif yang kerap dilakukan oleh para pelaku kejahatan seksual dalam melampiaskan nafsu bejatnya. Mulai dari membius, mengancam, bahkan dengan membunuh. Seperti kabar yang beberapa hari lalu terjadi. Seorang perawat rumah sakit melecehkan pasiennya sendiri. Selepas operasi, perawat yang membawa pasien menuju ruang pemulihan meraba tubuh pasien yang sedang lemah.

Dilansir dari Tribunnews.com, Menurut Yudi yang merupakan suami korban sebelum meraba lebih dulu tanya-tanya alamat asal. ?Namanya habis operasi, ya belum ada pakaian. Saat itu istri saya sadar, tapi tapi tak berdaya,? jelas Yudi yang juga berprofesi sebagai pengacara ini.

Menurut salah seorang psikiater yang berasal dari Moolchand MedcityNew Delhi, Dr. Jitendra Nagpal berpandangan bahwa tindakan pelecehan seksual tentu menjadi suatu kondisi mengerikan bagi wanita dan dapat membuatnya menjadi trauma. Belajar dari kejadian itu, sebagai seorang wanita tentu saja harus bisa membentengi diri agar terhindar dari kejahatan seksual yang bisa saja terjadi pada diri Anda. Lalu, bagaimana caranya agar terhindar dari pelecehan seksual? Berikut adalah penjelasannya!

1. Menarik Perhatian Orang Lain;

Cobalah untuk menarik perhatian orang lain jika Anda merasa akan menjadi target pelecehan di muka umum. Dengan begitu, pelaku dapat secara otomatis mengurungkan niat jahatnya terhadap Anda. Kalaupun sudah terjadi pelecehan seksual, Anda bisa langsung protes sehingga dapat menarik perhatian orang di sekeliling Anda.

2. Selalu Waspada;

Memiliki sifat waspada akan membuat Anda aman dan kecil resikonya menjadi korban pelecehan seksual. Jika Anda terpaksa untuk berpergian sendirian maka tentunya Anda harus waspada terhadap orang lain. Terlebih orang itu menunjukkan perilaku yang mencurigakan atau tidak lazim. Sebaiknya Anda dapat menghindar sejauh mungkin dari jangkauan orang tersebut. Semisalnya, Anda berada di dalam angkot atau bus ada baiknya segera pindah tempat duduk. Jika memungkinkan pindahlah ke bus lainnya.

3. Jangan Berjalan Sendirian Ditempat Sepi;

Tempat yang sepi menjadi tempat favorit penjahat kriminal karena kecil kemungkinannya ada saksi yang melihat. Sebaiknya dalam bepergian ke tempat umum Anda dapat memilih jalan yang ramai dilalui oleh orang-orang. Dengan begitu,dapat mengurangi potensi kejahatan seksual yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Kondisi yang ramai tentu akan membuat orang berfikir dua kali dalam melakukan kejahatan, terlebih pelecehan seksual terhadap Anda. Jikalau pelaku memang nekat, Anda akan tertolong segera dengan orang di sekitar Anda.

4. Speed Dial Darurat;

Di jaman serba teknologi sekarang ini, banyak ponsel yang memiliki fitur speed dial untuk menghubungi orang terdekat atau nomor telepon bantuan ketika berada dalam keadaan darurat. Jika mendapati seseorang yang menunjukkan sikap ataupun gerak-gerik yang mencurigakan, apalagi ketika ia sudah menunjukkan sikap yang berpotensi besar untuk melakukan pelecehan seksual. Janganlah merasa ragu untuk langsung menekan tombol speed dial darurat yang tentu akan secara otomatis dan dengan cepat menghubungi orang terdekat ataupun nomor darurat guna memberikan bantuan pada anda.

5. Persenjatai Diri.

Data dari Catahu Komnas Perempuan ada lebih dari 1000 kasus pemerkosaan dan pelecehan terhadap perempuan terjadi di Indonesia. Penting bagi perempuan untuk mempersenjatai diri dengan kemampuan bela diri atau self defence guna mencegah hal tersebut pada diri Anda. Dengan belajar bela diri seperti karate ataupun taekwondo tentu dapat membuat Anda menjadi lebih berani dan dapat melindungi diri dari kejahatan seksual. Jika tidak bisa bela diri maka bawalah kejutan listrik atau bubuk merica.

Itulah cara agar terhindar dari pelaku kejahatan seksual. Tetap jaga diri dan waspada dimanapun anda berada. Jangan lupa untuk selalu berdoa dan memakai pakaian yang rapi agar terhindar dari marabahaya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.