Berita Nasional Terpercaya

Segera Luruskan Niat, Jika Tidak Ingin Merugi untuk Selamanya

0

Bernas.id ? Inginkah apa yang kita kerjakan menghasilkan kebaikan di dunia dan akhirat? Tanpa ragu, sudah tentu jawabannya, pasti, ?Iya?, Yuk, kita renungkan niat seperti apa yang seharusnya? 

Sebagai tahap awal kita harus memahami akan tujuan hidup yang sebenarnya. Tujuan hidup kita yang sebenarnya adalah untuk beribadah kepada Allah. Sehingga semua aktivitas hidup kita semata sebagai wujud ketaatan kepada-Nya. Ketaatan ini harus dilakukan dengan niat murni hanya karena Allah dan Rasul-Nya. Hal tersebut sesuai dengan firman Allah dalam Al-Quran surah Al-Bayyinah (98) ayat 5 yang artinya, ?Padahal mereka tidak disuruh, kecuali supaya beribadah kepada Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama dengan lurus dan supaya mereka mendirikan salat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus.?

Kita harus berhati-hati dalam berniat. Karena niat sebagai tolak ukur hasil. Sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari-Muslim dari Umar ra., dia berkata: ?Aku pernah mendengar Rasulullah saw. bersabda: ?Sesungguhnya amal itu tergantung pada niatnya dan sesungguhnya balasan yang akan diperoleh seseorang dari amalnya juga sesuai dengan niatnya. Barangsiapa yang hijrahnya diniatkan untuk meraih keridaan Allah dan Rasul-Nya, maka ia akan mendapatkan keridaan Allah dan Rasul-Nya. Barangsiapa yang hijrahnya diniatkan untuk meraih keduniaan atau seorang wanita yang ingin diperistrinya, maka dia akan mendapatkan balasan sesuai niatnya.??

Niat bisa diucapkan secara lisan atau hanya ungkapan hati. Kita perlu sadari bahwa niat sudah tentu berawal dari hati. Hati sebagai patokan dalam penilaian Allah sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Muslim dari Abu Hurairah ra., ia berkata: ?Rasulullah saw. Bersabda: ?Sesungguhnya Allah tidak akan melihat kepada postur kalian dan tidak pula kepada bentuk-rupa kalian. Akan tetapi, Dia akan melihat kepada hati kalian.?

Selanjutnya, hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari-Muslim lebih menekankan bahwa hasil akan sesuai dengan niatnya. Bukhari-Muslim diriwayatkan dari Jundab bin ?Abdullah ra., ia berkata: ?Nabi saw. bersabda: ?Barangsiapa yang berbuat kebaikan dengan niat supaya didengar oleh orang lain, niscaya Allah akan membuat orang lain mendengarnya (dan hanya itulah balasannya). Barangsiapa yang berbuat kebaikan niat supaya dilihat oleh orang lain, niscaya Allah akan membuat orang lain melihatnya (dan hanya itulah balasannya).??

Jadi, seharusnya niat kita harus semata karena mencari ridho Allah SWT dan Rasul-Nya. Sehingga akhirnya semua kebutuhan kita di dunia dan akhirat akan Allah berikan. Kenapa bisa begitu? Karena Allah sudah ridho sesuai niat kita. Para pejabat, guru, penulis, dokter, pilot dan profesi lainnya, mari kita luruskan niat yang sesungguhnya.

Teruslah berikhtiar dan berdoa dalam kebaikan dengan meluruskan niat! 

Leave A Reply

Your email address will not be published.