Berita Nasional Terpercaya

Si Eksotis Penguasa Malam

0

Bernas.id ? Siapa yang tahu dengan si eksotis penguasa malam? Itu loh, bunga yang mekarnya hanya di malam hari. Benar sekali. Namanya Wijaya Kusuma. Bunga yang mekarnya di malam hari ini memiliki bunga bewarna putih dan keungu-unguan yang besar dan baunya semerbak sangatlah kuat. Jangan salah ya, meskipun mekarnya di malam hari, bunga ini tidak ada campur tangan dengan dunia ghaib ya. Kenapa aktivitasnya pada malam hari karena, tumbuhan ini adalah jenis tumbuhan dengan gerak skototropisme. Skototropisme adalah gerakan tumbuhan menjauhi cahaya. Jadi, tumbuhan ini cenderung tidak beraktifitas ketika mendapatkan cahaya.

Bunga ini sangat menarik banyak orang, sehingga tidak jarang banyak orang ingin membudidayakannya. Salah satu cara membudidayakannya adalah dengan cara stek. Caranya adalah dengan memilih daun yang segar, hijau dan dalam kondisi yang baik. Lalu, berilah hormon pertumbuhan pada permukaan daun tersebut dan diamkan selama 7-10 hari. Setelah mencapai 7-10 hari, tanamlah pada media tanam dengan perbandingan 3:1:1:2 (tanah:pupuk:humus:pasir). Jangan langsung disiram dengan air setelah penanaman. Tunggu beberapa hari barulah disiram dengan air. Letakkan di tempat yang teduh, tetapi tetap terkena sinar matahari.

Tidak hanya keindahan bunganya, akan tetapi khasiatnya juga hebat lho! Wijaya Kusuma berkhasiat untuk mengobati luka, bisul, radang tenggorokan, mencegah pembekuan darah, mengobati sesak nafas, dan mengatasi batuk berdahak.

Jadi, yuk lestarikan bunga Wijaya Kusuma yang sudah mulai langka ini.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.