Berita Nasional Terpercaya

Suka Mendengarkan Musik? Ini 5 Manfaatnya yang Jarang Diketahui!

0

Bernas.id – Salah satu kebiasaan yang tak pernah lepas dari kehidupan manusia adalah mendengarkan musik. Seni suara yang mengandalkan alat pendengaran ini tidak hanya dapat digunakan sebagai media hiburan loh. Untuk kamu yang gemar mendengarkan musik, baik dalam bentuk lagu maupun hanya instrumen saja, berbanggalah karena tanpa kamu sadari kamu telah merasakan 5 manfaat dari kebiasaanmu itu:

 

1. Menghilangkan Stres

Salah satu manfaat musik yang paling sering kamu rasakan adalah menghilangkan atau mengurangi tingkat stres. Sebuah riset yang dilakukan pada tahun 2011 menunjukkan hampir sepertiga orang yang mendengarkan musik saat bekerja dapat menambah semangat. Ada juga penelitian dari di Loma Linda Scholl of Medice yang menemukan bahwa suara musik bisa berpengaruh pada turunnya tingkat stres hingga tahap genomic. Untuk itu, sebaiknya kamu sering-sering mendengarkan musik kesukaanmu. Karena dengan mendengarkannya dapat menjauhkanmu dari perasaan yang tidak karuan, sehingga kamu dapat merasakan ketenangan dari mendengarkan musik tersebut.

 

2. Bagus Untuk Kesehatan

Tanpa disadari, mendengarkan musik juga memberikan dampak baik bagi kesehatanmu, seperti mengurangi tekanan darah tinggi, baik untuk kesehatan jantung, mengurangi rasa sakit selama operasi, dan masih banyak lainnya. Baik untuk kesehatan jantung karena mendengarkan musik yang menenangkan bisa menurunkan detak jantung yang terlalu cepat, juga membantu menurunkan tekanan darah. Dalam mengurangi rasa sakit ini disebut dengan pengalihan, musik ditengarai bisa membuat pasien melupakan rasa sakit fisik mereka. Untuk itu, dianjurkan agar sering mendengarkan musik.

 

3. Mempengaruhi Suasana Hati

Tahukah kamu, mendengarkan musik mampu membuat seseorang merasa menjadi lebih nyaman dan aman. Hal ini karena suasana hati kita selalu terbawa dengan musik ataupun lagu yang sedang diputar saat itu. Jadi ketika sedang merasa gelisah, panik, ataupun sedih, sebaiknya memutar musik yang bernuansa ceria agar suasana tidak menjadi lebih buruk, dan bisa merasa nyaman dalam melakukan aktivitas. Untuk menghindari terbawa perasaan negatif secara terus menerus, kamu dapat mendengarkan musik yang bertema gembira supaya hati tidak menjadi sedih.

 

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Musik menenangkan pikiran dan jiwa sehingga membantu Anda tidur nyenyak, karena mendengarkan musik dapat mengurangi aktivitas saraf simpatik, merileksasi otot dan menenangkan pikiran, menurunkan rasa cemas, tekanan darah, dan tingkat pernapasan sehingga tidur menjadi lebih nyenyak. Selain itu, musik juga dapat meningkatkan kualitas tidur serta menyembuhkan insomnia. Untuk kamu yang insomnia, tidak ada salahnya mencoba untuk mendengarkan musik sebelum tidur agar dapat tidur lebih cepat sehingga meningkatkan kualitas tidur.

 

5. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Mendengarkan dan memainkan musik juga dapat meningkatkan kecerdasaan IQ seseorang. Kamu bisa mendengarkan musik beralunan lembut untuk membantu maksimalkan fungsi otak dan meningkatkan kecerdasan, contohnya adalah musik mozart yang bisa merangsang jalur saraf yang penting untuk kognisi, seperti mengkoordinasikan napas, irama jantung, dan irama gelombang otak. Pendidikan musik yang diberikan kepada anak-anak pada usia dini juga dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan otak, keterampilan visual dan verbal anak. Untuk itu, tak jarang ibu hamil kerap disarankan oleh dokter untuk mendengarkan musik yang beralunan lembut karena berguna dalam memberikan ketenangan, baik bagi ibunya maupun bagi si calon bayi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.