Berita Nasional Terpercaya

Mahathir Mohamad Bakal Maju dalam Pemilu Malaysia

0

Bernas.id ? Petualangan Mahathir Mohamad di ranah politik masih belum berakhir. Al Jazeera mengabarkan kalau bekas Perdana Menteri Malaysia tersebut bakal kembali ikut ambil bagian pada pemilu mendatang. Ia bakal maju sebagai pemimpin aliansi kubu oposisi.

Keputusan untuk menunjuk Mahathir sebagai kandidat dari kubu oposisi diambil setelah para petinggi dari empat partai oposisi melakukan pertempuran di luar Kuala Lumpur pada hari Minggu (7/1/2018). Diumumkannya Mahathir sebagai tokoh yang diusung oleh aliansi oposisi langsung disambut dengan gembira oleh ribuan massa simpatisan partai.

?Fokus besar kami adalah menyelamatkan negara yang kami cintai,? kata Mahathir yang kini sudah berusia 92 tahun. ?Bukan hal yang mudah bagi partai-partai yang dulu menjadi musuh saya untuk menerima saya. Namun mereka sadar bagaimana pentingnya menjatuhkan pemerintahan yang sekarang.?

Mahathir bakal maju dalam pemilu sambil ditemani oleh istri Anwar Ibrahim, Wan Azizah. Anwar adalah politikus Malaysia yang di masa pemerintahan Mahathir dulu dijebloskan ke dalam penjara akibat tuduhan sodomi dan korupsi. Namun Anwar membantah tuduhan tersebut sambil mengklaim kalau hukuman yang ia terima bermotif politik.

Saifuddin Abdullah selaku Sekretaris Jenderal kubu oposisi mengumumkan kalau Anwar bakal menerima pengampunan hukum jika kubu oposisi berhasil memenangkan pemilu. Rencananya pemilu Malaysia bakal digelar pada bulan Agustus mendatang. Namun beredar spekulasi kalau pemilu bisa saja digelar lebih cepat akibat masalah yang menimpa pemerintahan berkuasa.

Diumumkannya Mahathir sebagai pemimpin kubu oposisi bakal menjadi tantangan besar bagi Partai UMNO yang sudah menguasai koalisi pemerintahan Malaysia sejak tahun 1957. Pasalnya pamor Najib Razak selaku Perdana Menteri Malaysia kini tengah berada dalam sorotan negatif akibat skandal korupsi yang menimpanya.

Mahathir menjabat sebagai Perdana Menteri Malaysia pada tahun 1981 hingga 2003. Di bawah kepemimpinannya, Malaysia mengalami kemajuan pesat di bidang ekonomi dan industri. Namun kemajuan tersebut sempat dirusak oleh krisis ekonomi yang menimpa negara-negara Asia Pasifik pada penghujung tahun 90-an.

Leave A Reply

Your email address will not be published.