Berita Nasional Terpercaya

Wow! Sudah Ada 3 Cara Ringan Menghadapi Macet

0

Bernas.id – Macet sudah menjamur di mana-mana. Kuantitas yang terus meningkat dari alat transportasi terutama milik pribadi bisa menjadi salah satu penyebabnya. Seperti suatu keniscayaan yang harus dimaklumi, macet sudah tak bisa dihindari lagi. Bukan hanya Jakarta, kota-kota juga dirundung macet mengiringinya. Tidak baik mengeluh, Anda lebih baik tidak membuang waktu dengan cara melakukan hal-hal berikut:

Mengevaluasi hari

Daripada mengomel kepada pengguna jalan, lebih baik perbaiki diri sendiri. Jika macet pagi hari, evaluasilah kegiatan kemarin. Jika macet sore hari, evaluasilah kegiatan pagi hari. Berpikir dengan susah payah untuk memaksimalkan ke depan tentu lebih bermanfaat daripada dosa karena menyumpahi macet.

Mengingat hafalan atau berdzikir

Orang yang sudah bagus dalam hafalan, bisa memilih poin kedua ini. Mengingat hafalan tidak harus dalam kondisi duduk diam di rumah atau musholla. Inilah kesempatan diri sendiri untuk mencoba mengecek ketepatan hafalan kita. Jika hafalan lancar, bisa dikatakan bahwa hafalan kita kuat.

Melihat kondisi sekitar

Selain kedua poin di atas, kita bisa memilih poin ketiga, yaitu melihat kondisi sekitar. Peka dengan sekitar kerap memunculkan ide atau kepedulian yang baru. Ide, yang katanya susah dicari, bisa ditemukan kapan saja, termasuk macet. Kepedulian, yang katanya hanya untuk orang yang peka, bisa kita temukan secara tidak sengaja.

Ternyata, sesuatu yang banyak dibenci orang, yaitu macet, bisa menimbulkan banyak keuntungan. Memperbaiki diri untuk lebih baik ke depannya dengan hasil evaluasi, mengingat hafalan, dan lebih peka dengan kondisi sekitar adalah contoh sedikit dari keberkahan macet. Segala sesuatunya selalu ada hikmahnya. Manusia punya kemampuan untuk berpikir dan mengendalikan ego, maka cobalah untuk mengendalikan ego itu, termasuk ego karena macet.

Leave A Reply

Your email address will not be published.