Berita Nasional Terpercaya

Harus Tegas, Aturan Jangan Jadi Jemu!

Bupati Sleman – 17 Agustus 2022
0

Bernas.id – Hukuman merupakan hal yang harus ditegakan dalam keadilan, baik dari kehidupan sehari-hari maupun dalam berorganisasi hukuman layak di bentangkan. Satuan pendidikan harus mempunyai hukuman yang jelas terhadap siswanya. Dalam kaidahnya hukuman bisa mendidik anak disiplin. Hukuman apa yang harus di berikan pada siswa? Mengingat sekarang bukannya zaman old yang bisa menghukum anak demi memanusiakannya.

Pergeseran waktu menelan moral hukuman, sekaligus media yang selalu menghebohkan peranan guru ketika melakukan kesalahan. Seakan-akan kue bolu yang enak untuk di santap. Aturan yang dibuat oleh sekolah terkadang begitu banyak sehingga menimbulkan pasal dan ayat layaknya sebuah aturan negara yang tertulis. Siswa zaman now terkadang menyepelekan aturan yang sudah dibuat oleh pihak sekolah, bahkan dipandang sebelah mata.

Kemalasan membaca bisa memicu menyepelekan aturan, kurangnya minat baca pada siswa bisa menjadi layu aturan yang sudah dibuat. Pemaparan yang ditulis panjang bisa jugamembuat siswa jemu untuk memandang aturan yang sudah di bentangakan di tembok sekolah. Hematnya dalam membuat aturan harus dibuat singkat, jelas, dan padat. Aturan tidak perlu panjang yang penting harus jelas tata tertib dan hukumannya. Rasanya akan percuma jika aturan panjang dan hukuman di bentangkan di dinding sekolah jika siwanya sendiri tidak memahami.

Adanya pembuatan aturan untuk menahan siswa mendapatkan hukuman, dengan membuat aturan siswa akan bisa menentukan baik dan buruknya suatu kegiatan yang dia lakukan. Aturan merupakan sifat pendisiplinan untuk siswa, dan aturan bisa membuat siswa menahan untuk melakukan sesuatu hal yang tidak baik, adapulanya sosialisasi yang tepat akan menyadarkan siswa supaya hidup mempunyai aturan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.