Berita Nasional Terpercaya

Inspirasi di Balik Pembuatan Novel Harry Potter Bikin Kita Tertampar!

0

Bernas.id – Novel atau film Harry Potter telah menjadi fenomena dan bagian dari budaya pop masyarakat dunia. Para penggemar Harry Potter telah tersebar di seluruh penjuru dunia. Fenomena uniknya dunia sihir Harry Potter tentunya tidak terlepas dari sosok penciptanya, JK Rowling.

Siapa yang tidak kenal dengan JK Rowling, mungkin sebagian pembaca sudah tahu bagaimana kisah perjuangan seorang Joanne Kathleen Rowling. Pasalnya di tangan wanita ini, terciptalah kisah fantasi dunia sihir yang baru dan sangat menarik pembaca, selain itu, penontonnya juga berasal dari berbagai kalangan usia. Di balik kesuksesan Harry Potter tenyata tersimpan hikmah kehidupan yang sangat besar, yang perlu kita contoh.

Baca juga: Cara Menulis Kutipan Langsung dan Kutipan Tidak Langsung Lengkap

Rowling mempunyai masalah ekonomi, karena sejak kasus perceraian dengan suaminya Rowling menjadi ibu tunggal yang harus menafkahi anak-anaknya. Semasa hidup dalam kesulitan, Rowling mulai menulis sebuah buku. Ia merasa bahwa dengan menulis mungkin bisa menjadi jalan keluar hidupnya yang sulit.

Dia tidak mempunyai fasilitas seperti komputer, juga tidak mempunyai uang. Tidak memiliki fasilitas tidak membuat Rowling putus asa, dia menjalankan misinya membentuk dan menciptakan Harry Potter. Rowling menggunakan mesin tik lama dan mengulang mengetik beberapa kali agar bisa disebarluaskan ke beberapa publisher.

Perjuangannya belum berhenti di situ saja, ditolak oleh 8 penerbit tidak membuat Rowling berhenti mencoba. Penerbit ke 9, Bloomsbury akhirnya menawari Rowling uang muka sebesar 2500 euro untuk menerbitkan novel tersebut. Tanggal 30 Juni 1997, Harry Potter and The Philosopher’s Stone (seri pertama Harry Potter) diterbitkan di Britania Raya. Dan 1 September 1998, novel ini diterbitkan di Amerika oleh penerbit Scholastic dengan Harry Potter and The Sorcere’s Stone.

Rowling berhasil menjual novelnya seri pertama untuk jumlah sebanyak $4000 dan menjadi best seller satu bulan setelah publikasi. Setelah itu, keberuntungan selalu datang, semua buku dan filmnya sukses besar. Dan ia menjadi orang terkaya di Inggris.

Baca juga: Mengenal Teks Berita, Ciri-ciri, Jenis, dan Contoh Penulisannya

Bagaimana dengan kita? Saat kegagalan demi kegagaln tengah menguji, apa yang kita lakukan selama ini? Kita terlalu banyak mengeluh dan mengeluh saja bukan, tanpa pernah bersyukur sedikitpun. Sebuah impian tidak hanya kita ucapkan saja, tapi kita lakukan dengan usaha yang nggak taggung-tanggung tentunya. Karena usaha tidak akan mengkhianati hasil.

Kalau saja Rowling waktu itu menyerah dan terpuruk dengan keadaannya, mungkin sekarang ia masih menjadi single mother yang kesusahan mencukupi kebutuhan hidup anak-anaknya.

Begitulah, jika orang yang mempunyai usaha dan niat sungguh-sungguh tidak ada yang tidak mungkin untuk Tuhan mengabulkan keinginan kita.

Semoga bermanfaat.

Baca juga: 51 Jenis Font Keren untuk Desain dan Menulis Buku 2021

Leave A Reply

Your email address will not be published.