Berita Nasional Terpercaya

Siapa Bilang Gali Ide Tulisan Itu Susah? Gampang Kok, Bahkan Di Tempat Tak Terduga Ini!

0

Bernas.id – Beberapa penulis muda berteriak, “Saya sama sekali belum menemukan ide, Kak!”, “Susah cari ide tulisan, buntu pikiranku!”, “Saya menemukan banyak ide, tapi bingung mau digimanain?”

Cari ide kok susah amat! Amat saja enggak merasa susah, hehe. Begini lo, brother and sister, ide-ide itu banyak sekali. Hal-hal yang bisa dituliskan sebagai bahan dasar artikel, cerpen, puisi, buku fiksi atau nonfiksi, jumlahnya tak terbilang. Setiap sudut rumahmu ada bahan tulisan. Setiap helai daun di pepohonan dan rumput ilalang bisa jadi ide tulisan. 

Baca juga: Interpretasi : Pengertian, Tujuan, dan Macam-macamnya

Eh! Masih enggak percaya? Yuk, kita ke bawah, silahkan simak rentetan ide di ruang-ruang sekeliling!

Ruang Tamu

Duduklah di ruang tamu, sekarang! Rasakan saat ini kau duduk di kursi sofa empuk berlapiskan bludru warna merah maroon dengan hiasan kembang sepatu terukir dari kain flanel setebal 0,3 milimeter.

Sudah, itu saja dulu. Kembangkan kenyataan itu menjadi sebuah artikel bertema: ‘variasi warna kain pada sofa meningkatkan nilai jualnya’; ‘ini dia, enaknya bercengkerama bersama keluarga di ruang tamu’; ‘pengaruh warna maroon bagi kesehatan jiwa kita’; ‘ternyata kembang sepatu bisa nempel di sofa sebagai hiasan’; ‘bisnis jual beli sofa murah barkas (barang bekas);

Itu belum termasuk kursi rotan, meja kayu jati dengan akuarium di tengah meja, almari pajangan, kreasi hiasan dinding, bunyi detak jam dinding yang unik, jarum jam yang berputar-putar di situ tanpa henti, paku yang tertancap di dinding ruang tamu, mengapa jendela kaca dibuat membuka ke atas, sensasi kipas angin, lantai kayu, dan lainnya. Katakan pada otakmu sekarang, “Iya, yaaa. Ide ini banyak!”

Oke, lanjut!

Baca juga: 18 Jenis Konjungsi, Pengertian, dan Contoh Kalimat Terlengkap

Ruang Makan

Sekarang duduklah di ruang makan! Rasakan sensasi sedapnya masakan yang tersaji di atas meja bundar yang bagian atasnya ada kaca dan dapat diputar 360º. Buka tutup sajinya! Nikmati aroma martabak buatan ibumu yang sengaja dibuat untuk anak kesayangannya!

Sudah! Sampai di situ saja, tak perlu kau mengambil piring, sendok atau garpu. Nanti malah lupa pelajaran ‘mencari ide tulisan’ gara-gara kau asik makan martabak kesukaanmu.

Catatlah ide ini!: ‘cara membuat martabak, makanan khas Tegal yang melegenda’; ‘aneka kreativitas pembuat desain meja makan yang bisa diputar 360º’; ‘aneka kerajinan anyaman bambu untuk tutup sajian makanan’; ‘teknik penataan ruang makan’; ‘manfaat sarapan pagi’; ‘resep-resep pilihan ibu jagoan masak’; ‘cara mengatasi asap kompor agar tidak memenuhi ruangan makan’; ‘pola makan sehat cara Rasulullah’; ‘food combining’; dan lainnya.

Sudah ya! Kita lanjut ke ruang yang lain dan ini spektakuler! Diluar dugaanmu pasti.

Baca juga: Tinjauan Pustaka: Pengertian, Manfaat, Cara Membuat, dan Contohnya

Water Closed (WC)

Siapa bilang mencari ide itu susah? Suruh jongkok atau duduk saja di WC! Apa saja ide yang bisa diangkat dari ruang tersebut? Antara lain: ‘agar BAB lancar, penting makan buah sebelum makan besar’; ‘teknik pengaturan saluran air pembuangan limbah’; dan lainnya.

Sudah, cukup! Lainnya silakan digali sendiri di ruang dapur, sumur, dan kamar tidur! Kalau berdiri di halaman menikmati aneka tanaman dan rumput liar, tentu akan lebih banyak ide kau dapatkan. Mudah kan? Gitu saja kok repot! 

Baca juga: 51 Jenis Font Keren untuk Desain dan Menulis Buku

Leave A Reply

Your email address will not be published.