Berita Nasional Terpercaya

3 Alasan: Kenapa Harus Membaca Buku Biografi

0

Bernas.id – Membaca adalah hal yang menyenangkan. Banyak hal yang akan kita dapatkan dengan membaca buku. Beragam buku yang dapat kita jadikan bacaan seperti buku novel, komik, sampai buku biografi seorang tokoh. Baik tokoh dalam negeri maupun luar negeri.

Baca juga: 51 Jenis Font Keren untuk Desain dan Menulis Buku

Ada beberapa alasan kenapa kita harus menyukai membaca buku biografi, mari simak penjelasannya!

Menambah wawasan tentang cara pandang seseorang

Dengan membaca biografi seseorang tokoh (dalam atau luar negeri) dapat memberikan kita wawasan tentang bagaimana cara pandang sang tokoh dalam memandang suatu masalah. Terkadang terhadap suatu peristiwa setiap orang punya sudut pandang dan pengalaman yang berbeda. Kita juga dapat seakan-akan berada dalam kondisi dan umur tokoh yang diceritakan.

Baca juga: Interpretasi : Pengertian, Tujuan, dan Macam-macamnya

Menambah wawasan tentang sejarah seseorang atau suatu bangsa

Dengan membaca biografi seorang tokoh, kita dapat mengetahui sejarah hidup tokoh tersebut sejak lahirnya sampai meninggalnya. Juga sejarah hal-hal yang terkait dengan tokoh tersebut, seperti keluarganya, teman-temannya, peristiwa negara pada masa si tokoh hidup, dan lain-lain. Secara tidak langsung wawasan kita terhadap sejarah sang tokoh dan hal-hal yang terkait dengannya menjadi semakin luas.

Baca juga: 18 Jenis Konjungsi, Pengertian, dan Contoh Kalimat Terlengkap

Mendapatkan hikmah dan motivasi baru

Dalam tulisan buku biografi diceritakan bagaimana sang tokoh menjalani hidupnya. Jatuh bangunnya dalam menjalani hidup, perjuangan mencapai kesuksesan, juga sisi getir hidupnya. Semua hal ini dapat membuat kita lebih bijak melihat kehidupan dan peristiwa. Hikmah yang tersirat dalam kisah hidup sang tokoh dapat mengayakan jiwa dan menambah semangat hidup kita.

Nah, terbukti, kan? Banyak hal menyenangkan yang akan kamu dapat setelah membaca biografi seseorang. Jadi tunggu apa lagi, Let’s read biography!

Baca juga: Tinjauan Pustaka: Pengertian, Manfaat, Cara Membuat, dan Contohnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.