Berita Nasional Terpercaya

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Wanita saat Menstruasi

0

Bernas.id – Kunyit ternyata mempunyai manfaat bagi kesehatan wanita terutama ketika wanita sedang mengalami menstruasi. Saat menstruasi, wanita akan merasakan berbagai perubahan yang bisa mempengaruhi kondisi seperti  mood menjadi kurang baik, perut merasa kembung, mudah marah dan tersinggung, merasakan sakit dibagian punggung, dan yang lainnya.

Kunyit merupakan rempah-rempah untuk pengobatan tradional. Kurkumin yang terkandung dalam kunyit mengandung sejumlah zat farmakologis yang dapat menjadi salah satu pengobatan alternatif ketika masa menstruasi tiba. Menstruasi merupakan sebuah siklus pasti yang akan dialami oleh perempun yang membutuhkan penanganan. Salah satu cara pengobatan alaminya dapat dilakukan dengan kunyit.  Yuk simak satu persatu berikut ini:

Mengatasi Gejala PMS

Akan timbul beberapa gejala baik itu secara fisik atau emosional saat menjelang menstruasi tiba. Biasanya disebut dengan gejala PMS. Wanita akan mengalami perubahan emosional seperti mudah marah, suasana hati menurun, stres, dan bahkan di antara mereka tidak bisa mengontrol emosi. Sedangkan gejala fisik seperti sakit kepala, sedikit flu, otot terasa nyeri, dll.  Ada sebuah penelitian bahwa kurkumin yang terkandung dalam kunyit  dapat mengurasi PMS pada wanita dan dapat mempengaruhi neurotransmiter pada otak, sehingga bisa mengurangi kadar emosional dan stres.

Mengurangi Rasa Tak Enak Badan

Kurkumin yang terkandung dalam kunyit dapat mengurangi hormon yang membuat rasa sakit dan peradangan. Kemudian membatasi migrasi sel kekebalan tubuh yang dapat meningkatkan peradangan, sehingga dapat mengurangi rasa sakit atau nyeri  saat menstruasi.

Menghilangkan Gejala Kram

Gejala kram merupakan gejala umum yang akan terjadi saat menstruasi berlangsung. Kurkumin yang terkandung dalam kunyit berfungsi sebagai agen anti peradangan. Agen tersebut akan mengurangi produksi dan membatasi aktivitas agen peradangan yang dapat menyebabkan nyeri.

Mengurangi Perubahan Mood dan Stres

Pada saat menstruasi berlangsung wanita akan mengalami stres yang parah, mudah marah, dan perubahan mood. Hal ini terjadi karena perubahan hormon akan mempengaruhi kondisi hati pada wanita. Ada sebuah penelitian menunjukkan bahwa kurkumin mempunyai aktivitas antidepresan yang dapat membantu untuk mengurangi gejala stres. Selain itu, kurkumin dapat mengendalikan perubahan suasana hati dan stres saat menstruasi berlangsung.

Dapat Membuat Peredaran Darah Lebih Teratur

Kondisi fisik seseorang dapat membuat perdarahan tidak teratur. Gangguan pada lapisan rahim yang tumbuh di luar rahim yang membuat rasa sakit saat menstrusi endometriosis. Kunyit dapat membantu permasalahan tersebut. Kurkumin pada kunyit dapat mengurangi tingkat estrogen, serta membatasi pertumbuhan lapisan rahim.

Itulah manfaat kunyit untuk mengatasi berbagai tantangan saat menstruasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.